-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Bacalah Supaya Paham dan Tulislah Agar Dikenang

    Jul 3, 2019, 12:50 PM WIB Last Updated 2020-01-23T13:09:02Z
    Oleh :  Riri Isthafa Najmi (Pemerhati Lingkungan Hidup dan Pegiat Sosial, Pariwisata, dan Budaya).

    "Bacalah untuk mengenal dunia dan tulislah agar dikenang dunia."

    wartanasional.co, Banda Aceh - Pepatah ini begitu menginspirasi Penulis. Jika Anda memiliki sebuah buku di rumah, pasti ada nama penulisnya yang tercantum di salah satu bagian buku tersebut.

    Itu adalah salah satu bukti bahwa seseorang bisa dikenal melalui tulisan. Dibandingkan dengan pengenalan secara verbal, melalui tulisan akan lebih efektif, dan lebih bertahan lama.

    Itulah alasan kenapa kartu nama sangat dibutuhkan. Kenapa KTP diwajibkan dan kenapa Paspor sangat diharuskan apabila Anda bepergian ke negara lain (luar negeri).

    Anda akan mengenal dunia dan mengetahui apa saja yang ada di dalamnya hanya dengan membaca. Membaca sebenarnya adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Selalu ada pengetahuan baru jika Anda mau membaca, pengetahuan yang terkadang tidak didapatkan selain hanya dengan membaca. 

    Saat ini jenis bacaan sudah sangat beragam, dengan isi bacaan yang sama, banyak penulis yang kemudian menyesuaikan gaya bahasanya sesuai dengan kalangan yang ditargetkan. Hal ini tentu saja membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan.

    Baik anda suka membaca atau tidak, pasti dalam rutinitas harian, Anda akan membaca banyak hal. Demikian juga dengan menulis, Anda boleh saja berkata tidak suka menulis, namun anda pasti akan menulis untuk sesuatu hal dan mungkin dalam intensitas waktu yang cukup sering.

    Hanya dengan membaca, Anda bisa mengenal seisi dunia. Bahkan saat ini di tengah perkembangan dunia teknologi yang luar biasa, Anda bisa mengetahui banyak hal dengan mudah. Hanya melalui gadget dan android, semua hal Anda akses dan baca.

    Meskipun tidak jarang juga orang yang lebih menyukai membaca langsung dengan bentuk bukunya. Memang buku seperti ada kekuatan magisnya sendiri. Tulisan yang sama yang dibaca melalui soft copy akan memiliki rasa yang berbeda saat dibaca dalam bentuk buku.

    Saat Anda membaca sesuatu, itu berarti Anda sedang membaca karya orang, Anda sedang mengenal satu orang yang berkarya dengan tulisan. Posisi itu bisa Anda balik, dimana Abda yang menjadi orang yang berkarya dan orang lain yang membaca dan mengenal Anda.

    Sebenarnya kegiatan membaca pasti Anda lakukan setiap hari, yang paling sederhana adalah membaca pesan di handphone. Itu adalah salah satu kegiatan membaca, meskipun tidak ada makna khusus dari apa yang anda baca.

    Karena dengan membaca, Anda akan mengetahui banyak hal dan mengenal banyak orang. Kemudian selain untuk mengenal dunia, manusia juga terlahir untuk mempertahankan dan mengangkat eksistensinya.


    *Menulislah agar Dikenang dalam Hidup*

    Sejak kecil misalnya, dimulai saat masuk Taman Kanak-kanak (TK), Anda sudah mulai diajari bagaimana cara membaca dan menulis, bahkan sebelum Anda diajarkan bagaimana caranya berhitung.

    Itu menandakan bahwa membaca dan menulis adalah dua hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kedua hal itu akan terus dilakukan hingga Anda meninggal. Hampir semua aspek kehidupan di dunia ini adalah tentang membaca dan menulis.

    Jadikan membaca dan menulis menjadi hobi baru untuk Anda. Hobi yang bisa membuat Anda jauh lebih mengenal dunia, sekaligus hobi yang bisa membuat Anda dikenal banyak orang.

    Baik membaca dan menulis, tentu saja mencapai puncak dan juga membutuhkan usaha dan juga waktu yang mungkin tidak sedikit. Anda akan sampai pada titik dimana Anda menyebutnya sebagai titik puncak. Saat Anda menulis dan tulisan Anda dinikmati banyak orang, itu adalah sebuah kebanggaan yang tidak bisa tergantikan.

    Apalagi jika buku Anda sampai beredar di berbagai negara dan benua, Anda pasti akan sangat bangga dengan diri anda sendiri. Anda melakukannya secara konsisten, 

    Meninggalkan sebuah karya yang bisa dikenal banyak orang bahkan saat Anda tidak lagi ada di dunia ini. Membaca dan menulis adalah salah satu tindakan yang akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih berpengetahuan dan lebih di kenal dunia.

    Untuk bisa dikenal dan diketahui dunia, salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan menulis. Penjabaran lebih luas dari menulis dalam hal ini adalah dengan berkarya.

    Jika Anda mampu membuat karya dengan menulis, maka Anda bisa benar-benar dikenal dunia. Dunia akan mengenal anda melalui karya Anda. Meskipun tentu saja hal itu memerlukan proses yang panjang, akan tetapi jika Anda menulis dan berkarya.

    Setidaknya orang-orang di sekitar Anda tidak akan melupakan Anda begitu saja. Meskipun saat Anda sudah tidak ada, karya Anda akan tetap menjadi cerita. Jadi, membacalah untuk mengenal dunia dan menulislah untuk dikenal dunia.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini