• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    DPRA: Dana Rp3 triliun mampu tingkatkan mutu pendidikan di Aceh

    Sep 12, 2019, 2:00 AM WIB Last Updated 2020-01-23T13:08:16Z
    Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Muhammad Alfatah. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)
    Parlementeria DPRA
    IMPIANNEWS.COM (Meulaboh).
    Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Muhammad Alfatah menegaskan alokasi dana pendidikan sebesar Rp3 triliun lebih yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) setiap tahunnya kini sudah mampu meningkatkan mutu dan sarana pendidikan di Aceh.
    Menurutnya, dana pendidikan sebesar Rp3 triliun lebih tersebut selama ini digunakan untuk berbagai kebutuhan diantaranya terdiri dari biaya rutin sebesar Rp1,2 triliun, tunjangan prestasi kerja (TPK) guru sebesar hampir Rp80 miliar per tahun, bantuan beasiswa terhadap 240 ribu orang yatim di Aceh dengan alokasi sebesar Rp240 miliar, dana bantuan sekolah (BOS) dan alokasi lainnya.
    "Faktanya, dengan tingginya anggaran pendidikan di Aceh, maka hasil yang dicapai juga tinggi. Ini faktanya," kata dia di Meulaboh, Jumat.
    Menurutnya, dengan banyaknya alokasi anggaran dikucurkan untuk bidang pendidikan di Aceh, sampai saat ini sarana penunjang mutu pendidikan bagi anak didik di wilayah dengan sebutan Serambi Mekkah tersebut kini setiap tahunnya semakin berkembang dan mengalami peningkatan.
    Bahkan, ia mengakui prasarana dan sarana pendidikan di Aceh saat ini jauh lebih baik seperti daerah lainnya di Indonesia.
    Tidak hanya itu, kualitas dan mutu guru hingga saat ini juga sudah mulai dibenahi, termasuk dengan pemerataan guru di Aceh juga sudah mulai dilaksanakan.
    Agar ke depan mutu pendidikan di Aceh dapat semakin ditingkatkan, ia mengakui terdapat lima indikator yang harus semakin diperbaiki diantaranya ketersediaan tenaga guru, pengawas sekolah, kepala sekolah yang telah lulus sertifikasi sebagai kepala sekolah, prasarana, dan meningkatnya partisipasi publik dalam menciptakan mutu pendidikan.
    "Kalau kelima faktor ini dapat ditingkatkan, maka mutu pendidikan di Aceh juga akan semakin lebih baik," kata Alfatah.
    Pihaknya berharap dengan tingginya alokasi dana pendidikan yang saat ini dikucurkan dalam APBA, maka semangat guru untuk mendidik para siswa di setiap sekolah semakin lebih baik dan meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan, harapnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini