• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Wali Nanggroe Hadiri Wisuda Di Unimal

    Nov 22, 2019, 12:50 AM WIB Last Updated 2020-01-23T13:14:53Z


    Lhokseumawe | Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar wisuda 1.221 mahasiwa angkatan XXIII dalam tiga sesi di Gedung Olahraga (GOR) Kompleks Perumahan PT Perta Arun Gas, Batuphat, Lhokseumawe, 20-21 November 2019.

    Pada acara wisuda tersebut juga dihadiri Wali Nanggroe Tengku Malek Mahmud Al Haytar.

    Dalam pidatonya ia menyampaiakan Unimal merupakan Universitas terkemuka di Aceh, yang namanya diambil dari seorang raja yang alim dari kerajaan yang islam pertama dinusantara, yang akan melaksanakan seromoni wisuda sebagai tanda telah merampungkan pendidikan tinggi.


    "Dipundak para wisudawan ini nantinya kami sandarkan harapan aceh untuk meraih kembali masa keemasannya peradaban aceh telah mengalami masa keemasanya sejak masa sultan malikussaleh sampai dengan sultan iskandar muda, "ujarnya.

    Selanjutnya, Kejayaan peradaban aceh dahulu tidak lahir dengan begitu saja, namun dibangun dengan perjuangan dan pengorbanan darah serta air mata, peradaban aceh masa lampau ditata dengan nilai-nilai adat dan budaya yang berlandaskan islam, tentu saja harus diraih kembali dan dan dirawat dengan sebaik-baiknya.


    "Berbahagialah sejarah telah mencatat bahwa rakyat aceh adalah perjuangan dalam dimensi dan situasi yang bagaimanapun sulitnya. Perjuangan aceh tidaklah dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki ilmu, namun sebaliknya dipimpin oleh mereka yang memiliki ilmu, iman, menguasai strategi serta memiliki wawasan luas, "tambah wali nanggroe.

    Dia meminta untuk dipelajari kembali sejarah aceh yang sesungguhnya, kita kumpulkan dan bukukan sejarah yang sebenarnya bukan seperti cerita yang dibuat oleh orang lain, sehingga menyesatkan sejarah kita, sehingga generasi muda tidak lagi mengenal karakter dan sejarah indatunya.

    "Saya berharap hari ini menjadi kilas balik sejarah bangkit dan kembalinya kejayaan peradaban aceh dan wisuda ini berjalan lancar, "tutup Tgk Malek Mahmud. [Naz]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini