• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Heboh! Bom Aktif Sisa Perang Dunia II Seberat 500 Kg Mengancam Kota Sabang, Begini Penampakannya

    Dec 2, 2018, 9:37 AM WIB Last Updated 2020-01-23T13:10:34Z
    Penampakan bom aktif seberat 500 Kg yang diduga sisa dari Perang Dunia II ditemukan di Kota Sabang tak jauh dari Kantor Pusat BPKS Sabang.
    wartanasional.co, Banda Aceh - Satu bom aktif yang diduga sisa dari Perang Dunia II ditemukan di Kota Sabang tak jauh dari Kantor Pusat BPKS Sabang.

    Perihal penemuan bom berbentuk tabung itu telah menuai kekhawatiran banyak pihak terhadap ancaman yang ditimbulkannya.

    Sebab, selama ini lokasi dimana bom tersebut ditemukan masih berada dekat dengan pusat kota dan keramaian.

    Bahkan lokasi sekitar penemuan bom kerap menjadi tempat mencari ikan dan pemancingan warga. Adalah Teuku Mahliyuni, pengguna media sosial facebook yang awalnya menggugah beberapa foto bom tersebut di akunnya seperti terpantau Serambinews.com, Sabtu (1/12/2018).

    Dalam keterangannya Teuku Mahliyuni menulis, "Sebuah Bom sisa Perang Dunia II ditemukan di dekat bangku lima, ujoeng me kota Sabang. Bom tersebut beratnya mencapai 500 kilogram.

    Bom Inggris tersebut tidak meledak saat di jatuhkan dari pesawat perang Avengers dan Dauntless operasi bersandi COCKPIT HMS Ilustrios dan SS Saratoga pada tanggal 19 April 1944.

    Otoritas pelabuhan Sabang belum mengingatkan para pemancing ikan untuk mengantisipasi gangguan ketika berada di dekat lokasi karena agak riskan bom tersebut berada di tepian pantai yang berbatuan.

    Sepertinya Bom yang berjarak puluhan meter dari pemukiman penduduk layak untuk dijadikan Natural History Museum Sabang setelah di jinakkan oleh Team Gegana Jihandak atau Jibom.

    Bom tersebut yang berada sekitar tujuh puluhmeter dari kantor pusat BPKS Sabang, dan seratus meter dari pusat keramaian Sabang Fair yang mungkin akan berdampak buruk jikalau di biarkan diterjang ombak berbatuan karena Bom tersebut masih aktif."

    Mengiringi unggahan keterangan foto tersebut, Tuku Mahliyuni turut mengunggah beberapa foto hasil jepretannya dalam kolom foto akunnya. Sejauh ini, pihak otoritas keamanan di Kota Sabang belum bersikap.

    Namun beberapa warga justru telah lama berharap agar Tim penjinak bahan peledak (Jihandak) Polri segera diterjunkan ke lokasi untuk memastikan tingkat keaktifan bom tersebut. Selain itu, juga demi keselamatan warga setempat.

    "Pagi pagi, sebelum kekantor saya melihat masih ada Bom tersebut walaupun telah berulangkali di upload ke media sosial dan selama ini belum ada Team penjinakan bom, yang meninjau ke lokasi untuk mengambil tindakan meskipun di Sabang lengkap pasukan TNI Polri sebagai pangkalan militer di ujung sumatra," sambung Teuku Mahliyuni di akun facebooknya.

    Sumber : Serambinews.com
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini