-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Dinas Pendidikan Dayah Aceh Gelar Musabaqah Qiraatul Kutub (Kitab Kuning) Tingkat Provinsi

    May 28, 2019, 7:37 PM WIB Last Updated 2020-01-23T13:09:00Z
    wartanasional.co, Banda Aceh - Dinas Pendidikan Dayah Aceh menggelar acara Rapat Koordinasi Musabaqah Qiaraatul Kutub (MQK) tingkat Provinsi Aceh pada hari Selasa hingga Rabu di Grand Aceh Syariah Hotel, Lamdom Banda Aceh. 

    Acara Rakor yang berlangsung tanggal 28-29 Mei ini adalah salah satu rangkaian persiapan untuk penyelenggaraan MQK tingkat Provinsi dalam rangka menyamakan visi penyelenggara dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten/Kota Se-Aceh yang bertanggung jawab dalam pengiriman kafilah. Acara Musabaqah sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 nanti di Asrama Haji Banda Aceh. 

    “Acara Rakor ini sendiri turut mengundang Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten/Kota Se-Aceh dan Asisten Pemerintahan yang membidangi masalah Dayah.”

    Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny S.Ag MM sebagai penggagas MQK tingkat Provinsi menyampaikan beberapa hal dalam laporannya diantaranya, bahwa MQK merupakan ekstrakurikuler dari santri Dayah, dengan penyelenggaraan Perlombaan kitab kuning ini, Pemerintah Aceh melalui DPDA berkeinginan memperkenalkan lebih jauh kepada masyarakat Aceh tentang MQK dengan harapan menggalakkan perlombaan ini ditingkat apapun demi generasi Aceh yang lebih baik ke depan. 

    “MQK merupakan salah satu upaya Dinas Pendidikan Dayah untuk menjembatani  kalangan Dayah yang tidak hanya mengkaji persoalan-persoalan ibadah saja, namun Melalui MQK juga akan mengupas solusi atas problematika yang sekarang terjadi di tengah masyarakat, ujar pak Kadis. 

    Pak Kadis menambahkan bahwa pelaksanaan MQK ini juga dalam rangka menumbuhkan kecintaan para santri terhadap kitab kuning, dan juga sebagai upaya meningkatkan tingkat kemahiran para Santri dalam membaca dan mengkaji Kitab kuning. Mengkaji dalam konteks ini membutuhkan kemampuan logika (mantiq), rasionalitas, olah pikir serta daya kritis yang jauh lebih mendalam. 

    Saat membuka Acara Rakor yang mewakili Plt Sekda Aceh, Iskandar AP dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan apresiasi atas inisiatif dari Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny yang memprakarsai dan membuat kegiatan Musabaqah Qiraatul Kutub ini direncanakan dengan sebaik-baiknya. 

    “Iskandar menyebutkan bahwa pelaksanaan Perlombaan MQK ini adalah salah satu proses menuju generasi Aceh yang tidak hanya pintar secara pengetahuan umum saja, namun juga paham ilmu agama.”

    Karena itu, Pemerintah Aceh sangat mendukung upaya-upaya meningkatkan gairah belajar dari para santri, salah satunya adalah dengan mempertajam pembacaan ilmu kitab kuning, dalam mengikuti Musabaqah Qiraatul Kutub ini, namun tidak hanya pandai membaca saja, akan tetapi juga dapat memahami dengan baik makna yang terkandung dalam kitab kuning tersebut Ujar Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan, SDM dan Hubungan Kerjasama Aceh itu.

    Saat menutup sambutannya, Iskandar AP meminta dukungan dari semua pihak agar terselenggara dengan sukses Musabaqah Qiratul Kutub tingkat provinsi yang baru digelar pertama kali ini.


    23 Kabupaten/Kota Se Aceh Siap Sukseskan Pergelaran MQK Tingkat Provinsi 


    Dalam Rakor yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada hari Selasa (28/05) di Hotel Grand Aceh Syariah,  Lamdom Banda Aceh, seluruh Kabupaten Kota di Aceh mencapai kata sepakat untuk mengikuti Acara Musabaqah Qiraatul Kutub yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2019 nanti di Asrama Haji Banda Aceh. 

    Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny saat mengkonfirmasi satu persatu perwakilan dari 23 Kabupaten Kota Se-Aceh. 

    Para Asisten dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Kota Se Aceh mengatakan kesiapannya untuk dapat berpartisipasi dalam perlombaan kitab kuning tersebut, sepulang dari Rakor, Kabupaten/Kota yang hadir siap memberikan informasi kepada dayah-dayah di wilayah mereka masing-masing agar mempersiapkan para santrinya dalam mengikuti MQK bulan Oktober nanti, agar memperoleh hasil terbaik.[]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini