• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Sebelum Rukyatul Hilal, Kemenag Aceh Bekali Ilmu Falak Untuk Masyarakat

    Jun 4, 2019, 1:55 AM WIB Last Updated 2020-01-23T13:08:58Z
    wartanasional.co, Banda Aceh - Sebelum melakukan pengamatan hilal atau Rukyatul Hilal Awal 1440 H 1440 H di lantai II gedung Pusat Observatorium Hilal Tgk. Chik Kuta Karang, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah terlebih dulu melaksanakan Pembekalan tentang Ilmu falak bagi peserta yang terdiri dari MPU, Ormas, ponpes, anggota BHR, mahasiswa dan masyarakat umum, di lantai I gedung tersebut.

    Kegiatan tersebut merupakan sebagai bentuk edukasi tentang ilmu falak bagi masyarakat Aceh dengan mengahdirkan narasumber Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh dan dua pemateri yang ahli di bidangnya Drs. H. Muchtar Yusuf, SH. MH kepala bidang Litbang BHR Aceh yang menjelaskan tentang Kondisi Hilal Awal Syawwal 1440 H di Observatorium  Tgk Chik Kuta Karang dan juga sekilas sejarah lahirnya BHR Aceh. Sedangkan DR. Suhrawardi Ilyas, M. Sc. yang membahas tentang  Hilal Awal Ramadhan Global untuk Syawwal 1440 H menurut Sains dan Astronomi  diseluruh dunia.

    Pada kesempatan tersebut juga Hadir Ketua MPU Aceh,  Prof. Dr. Muslim Ibrahim, MA. 

    Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh mengatakan selama ini Pusat Obeservatorium Hilal Tgk Chik di Kutarang, Lhoknga bukan hanya dimanfaatkan untuk observasi semata, tapi juga untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran Falakiyah perguruan tinggi, santri dayah, siswa dan masyarakat umum, selain itu, Kemenag Aceh juga menjadikan tempat ini untuk menyelenggarakan kegiatan yang terbuka untuk umum, seperti pengamatan gerhana bersama masyarakat. [red]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini