-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Pemkab Aceh Besar Gelar Peringatan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H

    Sep 1, 2019, 5:28 PM WIB Last Updated 2020-01-23T11:18:11Z
    Suasana peringatan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah yang digelar Pemkab Aceh Besar, di Masjid Al Jihad, Gampong  Lampaseh Lhok, Kecamatan Montasik, Sabtu (31/8/2019) malam.
    Kota Jantho | Wartanad.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar peringatan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah. di Masjid Al Jihad, Gampong  Lampaseh Lhok, Kecamatan Montasik, Sabtu (31/8/2019) malam.

    Momentum peringatan tahun baru hijriah tersebut digelar Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Syari'at Islam menghadirkan penceramah Pimpinan Pesantren Babul Maghfirah Cot Keueng, Aceh Besar, Ustad Masrul Aidi Lc.

    Selain dihadiri ratusan masyarakat Montasik yang ikut mendengarkan ceramah tersebut, juga turut hadir unsur Forkopimda, Plh Sekdakab Aceh Besar Abdullah SSos dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat di Aceh Besar serta Muspika Montasik.

    Dalam sambutannya Plh Sekdakab, Abdullah menyampaikan bahwa tahun baru hijriah ini dapat dijadikan momentum untuk menghijrahkan diri dan masyarakat pada hal yang lebih baik pada tahun-tahun yang akan datang. Menurutnya, Kondisi tantangan masa Rasulullah dengan masa sekarang ini berbeda, pada masa sekarang ini krisis moral dan kemorosotan nilai-nilai agama dalam kehidupan masyarakat semakin memprihatinkan.

    Melalui peringatan tahun Islam ini yang diperlukan saat ini adalah hijrah mental dengan menumbuh kembangkan sikap disiplin memperbaiki diri sehingga menjadi hamba yang di cintai Allah SWT.

    "Kalau kita memaknai hijrah itu, mari tinggalkan yang tidak baik, dan buka lembaran baru yang baik baik. Menyangkut penerintahan semua kita evaluasi supaya kedepannya seluruh kegiatan yang kita lakukan harus lebih baik lagi di Kabupaten Aceh Besar," ujar Plh Setdakab Aceh Besar yang juga Asisten I Setdakab Aceh Besar.

    Selain itu juga, dalam upaya pelaksanaan syariat Islam di Kabupaten Aceh Besar tidak hanya peringatan tahun baru Islam saja, juga kegiatan kegiatan lain yang bernuansa islami dengan tujuannya tidak lain adalah dalam rangka mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar dibawah pimpinan Mawardi Ali dan Waled Husaini A Wahab menjadikan Aceh Besar sejahtera dalam bingkai syariah Islam.

    Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Tausiah 1 Muharram 1441 H  oleh Ustad Masrul Aidi, dalam ceramahnya dihadapan masyarakat Kecamatan Montasik, ia mengajak ummat Islam melalui tahun baru hijriah ini agar umat Islam dapat lebih mencintai budaya nya sendiri yaitu budaya Islam.

     Menurutnya, masyarakat Aceh saat ini sudah kurang mencintai budayanya sendiri dan sudah beralih menyukai budaya yang tidak Islami. "Kemana pun kita pergi, budaya sendiri itu dibawa, jangan malah memasukkan budaya luar dalam diri kita," ujarnya

    Sementara itu, Kabag Humas dan protokol setdakab Aceh Besar Muhajir SSTP MPA mengatakan, pelaksaan peringatan tahun baru Islam ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang digilir ke 23 Kecamatan, selain itu juga momentum peringatan tahun baru Islam ini juga di peringati oleh setiap kecamatan.

    "Tahun sebelumnya peringatan tahun baru Islam 1440 H digelar di Masjid Abu Indrapuri kecamatan Indrapuri, kemdian tahun 1441 digelar di Masjid Al Jihad Kecamatan Montasik, dan tahun depan kena giliran kecamatan lainnya," ungkapnya.

    Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas, dimana dengan luasnya kabupaten Aceh Besar tidak setiap tahun dilakukan terpusat di ibu kota kabupaten, tapi sengaja dibuat di kecamatan-kecamatan supaya disamping untuk menyambung silaturahim dengan masyarakat, tokoh ulama, tokoh pemuda, juga antara Pemkab dengan masyarakat dapat menjadi lebih akrap dan mempererat silaturahim. [red]



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini