• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Adat Budaya Tetap Berjalan di Agara

    Dec 3, 2019, 7:52 PM WIB Last Updated 2020-01-23T13:57:45Z
    Aceh Tenggara | Adat Budaya Agara tetap jalan di Tanoh Bumi Alas sepakat segenep Kuta Cane,meski badai himpitan ekonomi regulasi berjalan bagai angin menerpa,namun Adat setempat tidak surut di Acara sunat rasul kempu (cicit ) di Desa Terutung payung Aswer pinem bebere kami, Senin  (2/12/2019).

    Pantau koran ini terlihat sudah turun temurun berlangsung karena seperti Adat nenek moyang kami Alas Aceh Tenggara,dan terlihat hidangan para tokoh masyrakat pihak,kakek neneknya.

    Hal ini adat dan relegius tetap berlangsung antara bebere dan paman dan kakek serta cicitnya tidak bisa di hindari meski kesulitan ekonomi,toh ada saja rejeki paska panen para petani dan perkebunan di Daerah ini.

    Selanjutnya pihak sunat /atau kawin ini juga sebelum nya biasa nya di naik kan kuda dengan lengkap pakaian Adat Alas nya, dan di kawal para pihak pemamanen  (wali perempuan /kakek yang sunat tersebut garis keturunan dari bapaknya.

    Sementara itu dalam acara naik kuda tersebut juga biasanya diiringi dengan lagu tangis Dilo,/Melagam  (bahasa alas)dan sesampai nya acara si sunat itu juga disambut juga biasa dengan acara pelebat /(anggar)dan para tamu undangan sebelum duduk juga adanya bersanjak ngerane (bahwa Indonesia ala melayu bersanjak)dan setelah itu berembuk adat nya itu dikeluarkan uang adat sesuai besar Uang  (dana)pemamanen itu,lalu setelah selesai acara adat tersebut barulah dipersilakan makan,para pemamanen itu.

    Dalam acara usai ini barulah sebagaimana lazim acara ini pada malam hari juga tetap berlangsung baik acara kesenian dan adat kebiasaan lain nya turun temurun hingga hari ini meski sudah berubah ala zaman now alias kibot sehingga Adat Alas terkesan Melagam /tangis Dilo bergeser sedikit dengan kibot sesuai keinginan pihak acara tersebut,namun acara Melagam,tangis Dilo sudah mulai kurang diminati warga kecuali terlihat mana kala perlombaan pestipal Tahunan .

    Demikian sekilas tulisan ini kita tampil kan atas kekurangan nya mohon maap dan di perbaiki. (Sadikin)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini