-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Bappeda Agara Gelar Bimtek E-Planning

    Dec 2, 2019, 11:17 AM WIB Last Updated 2020-01-23T13:57:43Z

    Aceh Tenggara | Sekretaris Daerah (sekda) Aceh Tenggara, Maluku Ridwan ,SE,MSI Membuka Bimbingan Tehnis (Bimtek) E-Planning Rencana Pembangunan jangka menengah Kabupaten (RPjMK),Renstra dan Rendah Organisasi perangkat Daerah,di Ruang Oproom Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (Bappeda),selasa, (26/11)2019.

    Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26-28,-November 2019,ini diikuti sebanyak 164 peserta dari Bidang Program dan Oprator Computer,serta 84 Organisasi pemerintah Daerah (Opd).

    Dalam sambutan M.Ridwan,Se,Msi,Sekda Kabupaten Aceh Tenggara, Mengatakan,bahwa Teknologi informasi,(E,-Planning)di dasari oleh ketentuan perundang-undangan sebagaimana di atur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri No;70 Tahun 2019,tentang sistem informasi Pemerintah Daerah  SIPD wajib di gunakan dalam proses perencanaan pembangunan dan keuangan daerah paling lambat januari 2021,guna mewujudkan sistem informasi daerah yang lebih transparan dan Akuntabel,dan E-Planning merupakan salah satu upaya untuk menurunkan potensi tingkat korupsi,Umumnya di Indonesia dan khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara.

    Sistem perencanaan pembangunan Daerah berbasis E-Planning adalah sebuah alat yang tepat mengintegrasikan penyusunan RPJMK,Rencana kerja Pembangunan Kabupaten /Kota (RKPK)KUAPPAS,Kebijakan umum Anggaran prioritas Platform Anggaran sementara (KUA-PPAS)perubahan dan RKPK perubahan agar dapat terselesaikan dengan cepat,tepat,waktu,akurat,dan transparan.

    Sekda Kabupaten Aceh Tenggara M.Ridwan,Se,Msi.,juga menjelaskan,sistem perencanaan Pembangunan Daerah berbasis E-Planning dapat di kendalikan dan di kordinasikan oleh Bappeda dan di integrasikan dengan E-Budgetting yang di kelola oleh Badan Pengelola keuangan Daerah.

    Hal ini dikatakan semua bertujuan untuk mencegah inkonsistensi antara dokumen perencanaan,baik pada tingkat program maupun kegiatan yang telah tersusun dalam rencana kerja  (Renja)dan rencana strategis (renstra),OPD terhadap RPJMK, serta muncul nya kegiatan tambahan program atau kegiatan setelah pembahasan KUA-PPAS. 

    Selanjutnya Sekda Kabupaten Aceh Tenggara juga menghimbau kepada peserta Bimtek agar mengikuti kegiatan dengan serius dan memahami metode penerapan E -Planning sehingga ilmu yang di dapatkan diterapkan pada instansi masing -masing katanya. (Sadikin)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini