• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Muspika Glumpang Baro Bersama Masyarakat Cegah Virus Corona

    Fauzal
    Mar 30, 2020, 1:16 AM WIB Last Updated 2020-04-01T18:17:00Z


    Sigli - Upaya pencegahan memutus mata rantai penyebaran virus Corona  atau Covid 19 Muspika Glumpang Baro melakukan  penyomprotan Disinfektan.

    Berdasarkan Pantauan media ini,Minggu,(29/3/2020), sekitar pukul 10.30 wib. Para Keuchik bersama  Muspika berkumpul halaman depan kantor camat setempat.

    Sesuai instruksi pelaksanaan pencegahan penularan virus Corona (Covid19),terlihat puluhan alat spayer tertetak didepan masing - masing.

    Ini menandakan kekompakan yang serius dalam menangani wabah virus berbahaya tersebut (Covid 19).

    Menjaga keselamatan masyarakat tak diabaikan Pemerintah.Begitu juga di Kecamatan Glumpang Baro saling bahu membahu antara masyarakat bersama Muspika dalam mengusir virus  berbahaya  itu,supaya masyarakat tidak terjadi  penularan.

    Dengan  melakukan pembagian cairan disinfektan  serta melakukan penyemprotan di 21 Desa dalam  Kecamatan Glumpang Baro merupakan langkah utama cara mengantisipasi sebelum virus  menyebar & bereaksi.

    Target utama dilakukan Muspika  memang  sangatlah tepat yaitu  Perkantoran, Mesjid, Meunasah, Pasar, Rumah warga dan tempat lain yang dianggap tempat bersarang Covid 19.


    Untuk mengantisipasi penularan virus corona covid 19  masyarakat harus patuh terhadap  anjuran pemerintah secara  bersama sama pemerintah dan masyarakat bersinergi  untuk menghambat proses penyebaran covid-19.

    Sebelumnya Polsek Glumpang Baro juga  melakukan sosialisasi himbauan dan Maklumat Kapolri kepada masyarakat dengan menempelkan seruan   di Desa-Desa guna memutuskan mata rantai penyebaran virus corona.

    Himbauan dilaksanakan
     Supaya  masyarakat lebih banyak beraktifitas dirumah untuk  mengantisipasi penyebaran dan penularan lewat aktifitas yang dilakukan tanpa disadari virus terinfeksi.


    Plt. Camat Glumpang Baro
    Muhammad Nauval S.STP
    saat dikomfirmasi  ,Minggu (29/3/2020) mengatakan penyomprotan disinfektan dilakukan adalah inisiatif dari Muspika Kecamatan, dengan melibatkan seluruh lapisan keuchik dan masyarakat yang ada dalam 21 Desa.


     Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh masing-masing Desa pada lokasi fasilitas umum dan rumah masyarakat khususnya rumah yang penghuni salah satunya baru dari luar daerah.

    "Kepada masyarakat Glumpang Baro yang baru kembali dari luar daerah, agar tetap melakukan isolasi diri selama 14 hari dirumah, dan menghentikan sementara interaksi dengan keluarga serta masyarakat sekitar",Himbaunya.

    Meskipun demikian Nauval berahap seluruh masyarakat Proaktif memantau kedatangan masyarakat, baik yang dari kota, luar daerah, maupun luar negeri, dengan melaporkan ke pejabat desa, serta merekap dan untuk segera melaporkan  ke Muspika.

    "Jika gejala batuk, deman serta sakit tenggorokan, segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat" ungkap Camat termuda di Pidie tersebut.

    Mengenai kondisi saat ini Muhammad Nouval  menjelaskan  Glumpang Baro masih dalam keadaan normal.

     Namun mengingat penyebaran virus semakin cepat  masyarakat wajib mengikuti arahan serta himbauan yang telah dikeluarkan  pemerintah.

    Upaya pencegahan ini guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid_19.

    Sementara itu, Hal senada juga dikatakan Kapolsek Glumpang Baro,Ipda Syahrizal saat dikomfirmasi media ini,minggu (29/3/2020). Polsek Glumpang Baro mengajak warga untuk menaati Peraturan Pemerintah terkait Penyebaran Covid 19 yang sangat meresahkan.

    Ipda Syahrizal menghimbau  para Keuchik agar tidak mengadakan kegiatan sosial yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik ditempat umum maupun lingkungan sekitarnya .

     "Pertemuan sosial, konser musik, Pasar malam, acara resepsi perkawinan atau acara keluarga yang dihadiri oleh massa dalam jumlah banyak segera dihentikan",Jelas Ipda Syahrizal.

    Dia berharap pada masyarakat  menghindari duduk diwarung kopi yang sifatnya berkumpul massa.

    " Untuk mengantisipasi penyebaran tertularnya virus ,kita harus menjaga jarak (Sosial distance) karena secara tidak langsung virus  tersebut tertular.

    Seluruh masyarakat Untuk saat ini mari sama sama  kita banyak berdiam diri dirumah sebagaimana himbauan yang telah ditetapkan oleh pemerintah".

     Dampak penyebaran Covid 19 diluar negeri seperti Wuhan China, Italia  dan negara lain mengakibatkan ribuan orang meninggal  menjadi Pelajaran sangat berharga bagi kita dan perlu diantisipasi segera.

    Penjelasan lebih lanjut Kapolsek. Saat ini Pihak Polsek  bersama unsur muspika Kecamatan telah mendata warga yang baru kembali dari luar daerah atau provinsi maupun luar negeri agar selama 14 hari dapat mengisolasi diri dirumah dan jangan berinteraksi dengan orang lain maupun  keluarga.

    Tak hanya himbauan dikeluarkan.Kapolsek bersama Muspika telah mencegah tertularnya Covid 19 dengan melakukan Penyemprotan cairan desinfektan diseluruh Glumpang Baro.

    "Penyemprotan tadi pagi sebagai tindak lanjut dari upaya pencegahan penyebaran virus corona di Kec.Glumpang Baro
     dan juga membagikan cairan desinfektan kepada para Keuchik yang selanjutnya keuchik Gampong melakukan penyemprotan di Gampongnya masing-masing  seperti  rumah ibadah, kantor Keuchik dan tempat  umum lainnya." (Azhar)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini