-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Tim Wasev TMMD 110 tinjau budidaya maggot

    Mar 25, 2021, 9:55 PM WIB Last Updated 2021-03-25T14:55:41Z

    Wartanad.id - Banda Aceh – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 110 tahun 202 Kodim 0101/BS dari Sterad melaksanakan peninjauan Budidaya Maggot atau lalat Black Soldir Flay. 

    Kegiatan yang diketuai Brigjen TNI Sugiono Waaster Kasad Bid. Ren dan Puanter tersebut berlangsung di Gudang Paldam IM Gampung Baro Kecamatan Baiturahman Kota Banda Aceh, Kamis (25/03/2021). 

    Dandin 0101/BS Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, S. Sos., M.Si menjelaskan, untuk menyelesaikan permasalahan sampah tersebut, selain mengunakan cara dikubur (balapres), dibakar (incenerator) menggunakan pelapis geo tekstil (Sanitary landfill) ada cara alami dengan pembusukan ,menggunakan Maggot atau lalat Black soldir flay (Hermetia  IIIucens, Stratimydae, Diptera) atau BSF, 

    nantinya sangat berguna dan efektif serta mempunyai nilai jual ekonomi yang sangat tinggi, selain bisa membusukan sampah, maggot sendiri dapat bermanfaat untuk peternakan, yang nantinya akan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, dimama maggot tersebut memberi protein tinggi kepada hewan ternak sehingga mengguntungkan bagi para peternak serta menambah pendapatan masyarakat sekitar.

    Sebagaimana diketahui kondisi persampahan di Aceh khususnya Kota Banda Aceh saat ini sangat memprihatinkan, dengan adanya tumpukan sampah dimana-mana serta lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang semakin sempit, sehingga menimbulkan bau yang menyengat terlebih lagi berdekatan dengan pemukiman warga yang semakin lama semakin padat.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini