-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi I Binjai-Stabat

    Feb 4, 2022, 3:13 PM WIB Last Updated 2022-02-04T08:13:59Z
    Wartanad.id - Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi I Binjai-Stabat pada Jumat, 4 Februari 2022. Jalan bebas hambatan yang merentang sepanjang 11,8 kilometer ini melibatkan kontraktor BUMN, PT HK Infrastruktur (HKI).


    Jokowi mengatakan beroperasinya jalan yang menjadi bagian dari Jalan Tol Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer tersebut akan memperlancar konektivitas masyarakat. Jika seluruh pembangunan rampung, jalan tol akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

    Jokowi meminta pembangunan jalan tol itu diikuti dengan perbaikan koneksi terhadap jalan nasional. Integrasi antara jalan tol dan jalan nasional atau jalan-jalan utama akan membantu memperlancar arus logistik ke sentra-sentra industri maupun pertanian.


    “Jika jalannya semulus ini, struktur biaya dalam harga di komoditas seperti jeruk, jalan desa, diperbaiki menuju jalan utama ke sini, harga jeruknya akan menjadi sangat kompetitif, tidak kalah dengan harga impor,” kata Jokowi seperti ditayangkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 4 Februari.


    Tingginya biaya logistik merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi Indonesia dalam meningkatkan daya saing komoditasnya. Hingga 2021, biaya logistik mencapai 23 persen dari roduk domestik bruto (PDB). Ongkos logistik Indonesia merupakan yang tertinggi di ASEAN, kalah dengan Malaysia dan Singapura.

    Jokowi meyakini bila akses menuju sentra-sentra ekonomi diperbaiki, ongkos logistik bisa turun hingga 75 persen. “Jadi semua arahnya ke sana, bukan hanya membangun fisik. Rakyat akan meninkmati, petani menikmati, pelaku pariwiasa menikmati kalau jalan tol disambungkan dengan kawasan produktif,” kata Jokowi.

    Di sisi lain, Jokowi mengatakan pembangunan Jalan Tol Binjai-Langsa bakal memudahkan akses masyarakat menuju destinasi wisata. Dengan begitu, dia berharap muncul titik-titik ekonomi baru yang dapat dikembangkan oleh masyarakat sektiar.

    “Saya titip agar infrastruktur dimanfaatkan untuk munculnya mendorong usaha baru, meningkatkan lapangan kerja, dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Jokowi.

    Pembangunan Jalan Tol Binjai-Langsa terdiri atas lima seksi. Seksi pertama meliputi Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer. Kemudian Seksi II Stabat-Tanjung Pura 26,2 kilometer; Seksi 3 Tanjung Pura-Pangkalan Brandan 18 kilometer; Seksi 4 Pangkalan Brandan-Kuala Simpang 44,2 kilometer; dan Seksi 5 Kuala Simpang-Langsa 29 kilometer
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini