-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Bayu Rafisukmawan : Melalui Transformasi Tata Kelola Keuangan, Jasa Raharja Wujudkan Efisiensi dan Akurasi dalam Melayani Masyarakat

    Dec 16, 2025, 3:48 PM WIB Last Updated 2025-12-16T08:49:22Z
    Wartanad.id - Jakarta, 10 Desember 2025 – Jasa Raharja resmi mengimplementasikan  Sentralisasi Pembayaran Transaksi Keuangan pada 1 Oktober 2025. Langkah ini  menjadi tonggak penting dalam transformasi tata kelola keuangan perusahaan,  dengan tujuan utama untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi proses bisnis, serta  memperkuat pelayanan kepada masyarakat.

    Sentralisasi ini merupakan kelanjutan dari rangkaian proses yang telah berlangsung  sejak Februari 2025 melalui tahap uji coba, pilot project, hingga Big Bang  Implementation yang melibatkan seluruh Kantor Wilayah dan Cabang Jasa Raharja  di Indonesia. Program ini mensentralisasi seluruh transaksi keuangan, baik santunan  maupun non-santunan, ke Kantor Pusat, guna mewujudkan proses pembayaran  yang lebih cepat, transparan, dan akuntabel.

    “Sentralisasi ini lebih dari perubahan sistem, karena merupakan bagian dari  transformasi menyeluruh untuk menciptakan proses bisnis yang lebih efisien,  terintegrasi, serta berorientasi pada pelayanan publik yang unggul,” ujar Bayu  Rafisukmawan, Direktur Keuangan Jasa Raharja.

    Melalui penerapan sentralisasi, seluruh proses approval pembayaran kini dilakukan  secara terpusat di Kantor Pusat, sementara Kantor Wilayah dan Cabang berfokus  pada aspek kelengkapan dokumen, keabsahan dokumen, serta optimalisasi  pendapatan dan pelayanan. Sistem ini juga memungkinkan pemantauan transaksi  secara real-time melalui dashboard digital dan analisis data, sehingga pengawasan  serta pengambilan keputusan menjadi lebih cepat dan akurat.

    Selain meningkatkan efektivitas dan mitigasi risiko, kebijakan ini juga memperkuat  tata kelola perusahaan dengan sistem pengawasan melekat dan audit berbasis  risiko, sejalan dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang dijalankan  secara konsisten oleh Jasa Raharja.

    “Dengan sistem yang tersentralisasi dan terdigitalisasi, seluruh proses keuangan  dapat dilakukan lebih transparan dan efisien. Hal ini akan memperkuat kontrol  internal serta memastikan penyaluran santunan dan layanan kepada masyarakat  berlangsung tepat waktu,” jelas Bayu.Sebagai bagian dari program ini, Jasa Raharja juga melaksanakan upskilling dan  reskilling bagi pegawai di seluruh wilayah agar siap beradaptasi dengan sistem  keuangan baru. Proses perubahan ini didukung dengan tahapan change  management melalui kegiatan Townhall, Sosialisasi, dan Bimbingan Teknis (Bimtek)  yang melibatkan lebih dari 1.600 insan Jasa Raharja di seluruh Indonesia.

    Bayu menambahkan “Penerapan sistem sentralisasi ini memberikan kontrol yang  lebih kuat terhadap arus kas Perusahaan dan memastikan perencanaan keuangan  berjalan lebih akurat dan efisien. Dengan basis data yang terintegrasi, kami dapat  mengambil keputusan keuangan secara lebih cepat dan tepat, yang pada akhirnya  berdampak langsung pada peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.”

    Implementasi Sentralisasi Pembayaran Transaksi Keuangan menjadi bagian dari  strategi besar transformasi Jasa Raharja menuju lembaga asuransi sosial yang  adaptif, modern, dan berdaya saing tinggi. Melalui langkah ini, Perusahaan  menegaskan komitmennya untuk menghadirkan layanan yang lebih cepat,  transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini