-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Ramadan, Politik Damai, dan Kemenangan Rakyat

    May 25, 2019, 2:10 PM WIB Last Updated 2020-01-23T13:09:01Z
    Oleh : DR. Sariakin M.Pd (Pengamat Pendidikan Aceh, Dosen Senior Universitas Serambi Mekah, dan Pegiat Forum Aceh Menulis).

    wartanasional.co, Banda Aceh -  Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Islam karena nilai spiritual puasa dan ibadah di dalamnya. Umat Islam biasa berlomba-lomba memperbanyak ibadah lantaran motivasi pahala yang dijanjikan berlipat ganda.

    Dinamika Ramadan tidak hanya menghidupkan suasana religius. Hampir seluruh sendi kehidupan turut tergerakkan dan mendapatkan manfaat, seperti ekonomi, sosial, politik, dan lainnya. Ramadan tahun ini hadir pada babak akhir pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dimana, hasil perolehan suara final sudah ditetapkan KPU pada 21 Mei dini hari.

    Kondisi ini berpotensi membawa perilaku kontradiktif. Di satu pihak, terdapat kelompok muslim yang memasuki Ramadan hanya mau fokus pada ibadah vertikal dan berpuasa. Mereka tidak mau terlalu jauh berdinamika duniawi, seperti terlibat atau memperbincangkan perpolitikan.

    Di sisi lain, puasa berpotensi dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis. Momentum Ramadan butuh penyikapan proporsional agar optimal dalam segala hal dan menunjukkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin melalui hadirnya politik berkedamaian dan membuktikan bahwa yang menang sesungguhnya adalah daulat rakyat.

    Puasa Ramadan adalah ibadah individual, dimana hanya Allah Swt dan si pelaku yang paling tahu. Imam Al-Ghazali dalam bukunya Ihya’ Ulumuddin, membagi puasa menjadi tiga tingkatan.

    Pertama dan paling rendah adalah puasa umum yang sekadar menahan makan, minum dan jima’. Puasa seperti ini hanya dilakukan secara seremonial belaka. Tidak ada dinamika dialektika sosial antara pelaksanaan puasa dengan kehidupan nyata.

    Kedua adalah puasa khusus. Puasa ini di samping menahan dari tiga hal tadi, juga memelihara seluruh anggota tubuh dari perbuatan maksiat. Pelaku puasa ini mampu melakukan aktualisasi hingga wilayah kultural dan psikologis.

    Terakhir yaitu puasa khusus yang lebih khusus. Puasa ini sampai pada tingkat puasa hati dengan mencegahnya memikirkan apa-apa selain Allah. Puasa tingkat ketiga ini diyakini hanyalah puasanya para nabi dan wali.

    Apapun tingkatan puasa yang dilakukan, puasa memberikan pelajaran nilai pengendalian nafsu, pensucian jiwa, pendidikan, pelatihan, kedermawanan sosial, dan lainnya. Kesuksesan puasa Ramadan perlu pembuktian pada sebelas bulan berikutnya. Perayaan kemenangan saat Lebaran juga memberikan konsekuensi pada hadirnya diri yang benar-benar memiliki jiwa pemenang terhadap segala godaan duniawi.

    Konsekuensi atas tuntutan tersebut adalah internalisasi nilai spiritual dari puasa Ramadan yang bersifat esensial, hakiki, dan aplikatif. Beberapa refleksi spiritual dapat digali dari hikmah pelaksanaan Ramadan.

    Pertama adalah pengendalian hawa nafsu. Banyak aktifitas manusia yang menjadi penyakit pembangunan berpangkal pada godaan nafsu duniawi. Contoh paling nyata dan terasa adalah tindak korupsi. Keberhasilan mengendalikan hawa nafsu selama Ramadan harus dilanjutkan dengan implementasi puasa korupsi secara permanen.

    Kedua adalah kedermawanan sosial. Salah satu hikmah kewajiban puasa ialah agar turut merasakan kehidupan sesama yang kekurangan secara materi. Lapar dan dahaga menjadi media untuk menumbuhkan kedermawanan sosial. Hal ini ditunjang dengan pemberian pahala berlipat dalam berinfak, bersedekan, serta berzakat. Kedermawanan sosial ini mesti dipupuk terus sebagai bagian upaya berpartisipasi mengentaskan kemiskinan.

    Ketiga adalah spirit belajar. Puasa Ramadan memberikan efek besar bagi semangat belajar memperdalam ilmu keagamaan. Masjid, media massa, dan lembaga-lembaga dihiasi kajian agama selama bulan suci. Spirit ini mesti dikembangkan pasca-Ramadan dan dilebarkan pada aspek-aspek kontekstual. Pendidikan adalah pilar penting penguat kualitas sumber daya manusia.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini