-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Aceh Tamiang Juara Gala Siswa Indonesia Tingkat Provinsi Aceh 2019

    Sep 15, 2019, 7:50 PM WIB Last Updated 2020-01-23T11:31:35Z
    Aceh Tamiang (WARTANAD) - Tim sepakbola dari Kabupaten Aceh Tamiang berhasil menjuarai turnamen sepakbola Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Championship Regional Aceh 2019. Dalam laga final yang dihelat di lapangan sintetis komplek Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Sabtu malam, mereka berhasil mengalahkan tim tuan rumah Kota Banda Aceh melalui tendangan adu pinalti. Setelah pada pertandingan normal dan babak tambahan waktu bermain imbang 1-1.

    Laga babak final berlangsung ketat. Banda Aceh mengerahkan Hafiz Nuha, Resky Maghfiranda, M. Alfajar, Abriel Dwisatya, Akbarul Hakim, Jevi Kurnia, Rizki Irwanda. Syahran Zaky, Daffa Firdaus, Haikal Munandar, dan Abdul Mubarak terus melancarkan serangan ke pertahanan lawan. Namun lemahnya penyelesaian akhir membuat mereka gagal mencuri gol dari tim tamu.


    Memasuki awal babak kedua, jual beli serangan kembali terjadi antara kedua tim. Tim tamu berhasil mencuri gol pada menit 49 melalui tendangan keras M. Khirullah yang gagal ditangkap oleh Hafiz Nuha, kiper tim Kota Banda Aceh. Hanya beberapa menit berselang tepatnya di menit 59, tim tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan melalui sontekan Haikal Munandar. Gol terjadi karena kesalahan antisipasi yang dilakukan oleh kiper Aceh Tamiang, Taupit. Bola liar itu mampu dimanfaatkan dengan baik oleh tim lawan.

    Tim Aceh Tamiang yang diperkuat Taupit, Erwin Tri, Dihan Al Fansa, M. Rayyan, M. Azan, Ferdian, Mirza Alfiansyah, Nauval Falah, Ahmad Aldi, Rico, dan M. Khirullah terus saja berusaha membongkar pertahanan lawan. Namun hingga dua kali 40 menit dan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu dua kali 10 menit skor imbang 1-1 tidak berubah. Akhirnya diadakan adu penalty untuk didapatkan juara.


    Pada babak adu pinalti itu 6 penendang yang ditunjuk sebagai eksekutor bagi Aceh Tamiang berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Sedangkan tim dari Kota Banda Aceh dari 6 penendang, hanya 5 yang berbuah gol, sedangkan penendang terakhir mampu ditangkap sempurna oleh kiper Aceh Tamiang.

    Sementara perebutan posisi ketiga dan keempat, antara Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Timur berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Kota Lhokseumawe.
    Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Nara Setia, SE, Ak, M.Si seusai pertandingan menyampaikan ajang ini merupakan untuk mencari bibit unggul pemain sepakbola masa depan. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi antar pemain dan pelatih dari 13 tim kabupaten/kota yang mengikut serta anak didiknya.


    “Setiap kerja keras siswa tidak akan mengkhianati hasilnya. Pertandingan malam ini berlangsung sangat seru, terlebih dengan hadirnya para orang tua siswa di lapangan. Mereka akan lebih bersemangat dalam bermain sepak bola,” ujarnya.

    Teuku Nara menambahkan bagi tim yang memenangkan pertandingan nantinya akan diikut sertakan pada ajang yang sama di tingkat nasional yang akan berlangsung sejak 07 hingga 20 September 2019 di Jakarta. Dengan komposisi pemain sekitar 60 – 40 persen, sementara untuk pelatihnya akan menjadi asisten pelatih utama nantinya. 


    Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, S.Pd, M.Pd melaporkan ada sebanyak 13 tim sepakbola dari kabupaten/kota mengikuti kejuaraan sepakbola antar SMP se-Aceh bertajuk Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019 yaitu, Kota Banda Aceh, Sabang, Pidie Jaya, Bireun, Lhokseumawe, Langsa, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, dan Simeulue.

    “Ketiga belas tim ini dibagi dalam empat grup. Grup A berisikan Simeulue, Aceh Selatan, dan Lhokseumawe, Gup B berisikan Aceh jaya, Sabang dan Langsa. Grup C berisikan Aceh Barat, Banda Aceh dan Aceh Tenggara. Grup D berisikan Aceh Tamiang, Bireun, Aceh Timur dan Pidie Jaya,” terangnya.


    Setelah turnamen ini, kata Zulkifli, akan diseleksi para pemain dari seluruh tim yang ikut Gala Siswa tahun 2019 meskipun tim daerah mereka tidak juara. Komposisi pemain tim Gala Siswa Aceh, akan menggabung seluruh tim peserta, namun kuota terbanyak dari tim juara yakni Kabaupaten Aceh Tamiang.

    Sebagai peraih juara I pada ajang GSI SMP Provinsi Aceh 2019, tim Kabupaten Aceh Tamiang mendapatkan trophi dan uang pembinaan senilai Rp 20 juta, juara II tim Kota Banda Aceh mendapatkan Rp 15 juta, juara III tim Kota Lhokseumawe mendapatkan Rp 10 juta dan juara IV mendapatkan Rp 5 juta. 
    Adapun topscore dalam ajang tersebut yaitu M. Alfianda dari tim Kabupaten Aceh Timur dan pemain terbaik yaitu M. Khirullah dari Kabupaten Aceh Tamiang. Keduanya diberikan hadiah uang pembinaan senilai Rp 2 juta. [red]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini