• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Hadirnya GATENSI Tingkatkan SDM Tenaga Ahli

    Oct 31, 2019, 7:14 PM WIB Last Updated 2020-01-23T13:14:51Z

    Banda Aceh - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Gabungan Ahli Teknik Nasional Indonesia (GATENSI) Bambang Rahmadi mengungkapkan, kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga ahli bersertifikasi pada sektor kontruksi di Indonesia masih sangat besar. Hal ini disampaikan langsung kepada awak media Wartanad.com, pada Kamis (31/10/2019).

    Menurut data yang ia miliki, kebutuhan tenaga ahli bersertifikasi di Indonesia dipersentasikan mencapai 7 juta, sementara kini jumlah yang tersedia hanya mencapai 700 ribu.

    "Masih sekitar 10 persen saja yang bisa kita penuhi, padahal sekarang ini pemerintah sedang gencar membangun banyak infrastruktur strategis yang tentu saja memerlukan banyak tenaga ahli bersertifikasi," jelasnya di sela kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) I GATENSI Tingkat provinsi Aceh Kamis 31 September 2019 di Kantor Gatensi Aceh.

    Bambang Rahmadi  berharap hadirnya Organisasi GATENSI di Aceh yang urutan ke 28 yang merupakan anak kandung dari AceGATENSI, dapat menjadi sebuah solusi untuk bisa mencetak lebih banyak tenaga ahli bersertifikasi, khususnya di Provinsi Aceh. 

    "Apalagi seperti kita ketahui di Aceh banyak berbagai macam infrastruktur startegis yang dibangun. Artinya tentu juga memerlukan tenaga ahli bersertifikasi yang tidak sedikit," tambahnya.

    Lanjutnya, GATENSI sendiri hadir untuk mengantisipasi diberlakukannya Undang-Undang Nomer 2 Tentang Jasa 
    Kontruksi yang mengamanahkan penerbitan sertifikasi tenaga ahli dilakukan oleh organisasi profesi yang terakreditasi. 

    Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara BPD GATENSI Aceh Ir Yudi Kurnia hadirnya organisasi GATENSI dapat mendorong lebih banyak tenaga ahli lokal bersertifikasi. Sehingga nantinya tenaga ahli tidak harus didatangkan dari luar daerah cukup memakai tenaga Ahli yang bersetifikat Lokal.

    "Kami juga akan mengusahakan sertifikasi yang dibuat oleh GATENSI bukan hanya terakreditasi. Namun juga persyaratan 
    dan biayanya mudah dan murah," paparnya.

    Pada Musda GATENSI Aceh turut dihadiri oleh peserta dari Kabupaten Kota sebanyak lebih kurang ada 50 Orang peserta dan berjalan Lancar juga pada hari ini Pemilihan ketua, hingga berita ini ditayang belum jelas ketuanya. [Rafli]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini