-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Siswa Menengah Atas Ikuti Pelatihan Jurnalistik

    Oct 31, 2019, 10:22 AM WIB Last Updated 2020-01-23T13:14:50Z

    Bireuen - Puluhan siswa dari sejumlah SMA, SMK dan MA dalam Kabupaten Bireuen, mengikuti pelatihan jurnalistik dasar yang digelar oleh Pemkab yang bekerja sama dengan Aliansi Penulis Bireuen (Alibi) yang berlangsung di ruang Oproom Kantor Bupati, Rabu (30/10/2019).

    Peserta kegiatan ini merupakan siswa pilihan dari sekolah mereka, yang dikirim dari masing-masing sekolah, dan ini dikutib80 pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Bireuen.

    Pemateri berasal dari Unsur Alibi, Unsur  Tehnologi Informasi dan Unsur dari Humas dan Protokoler Sekdakab Bireuen.
    Pelatihan jurnalistik ini dibuka oleh Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Dailami, S. Hut.

    Dalam sambutannya Dailami mengatakan,  Pelatihan Jurnalistik merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya dalam pengenalan dunia pers yang berkembang dengan pesat.

    Melalui pelatihan ini diharapkan dapat melahirkan bibit dan bekal bagi calon jurnalis handal di era digital dengan kemampuan menyampaikan berita dan informasi yang baik dan benar, sekaligus mengedukasi masyarakat.

    Pers tidak hanya menyampaikan berita, namun merupakan media penyampaian pendapat, kritik, dan saran untuk memperbaiki kehidupan serta meningkatkan kinerja pemerintah, masyarakat bangsa dan negara, ujar Dailami.

    “Diharapkan adik-adik peserta, bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. Sehingga, ilmu yang didapat bisa diterapkan, dan nantinya menjadi wartawan-wartawan yang hebat,” sebut Dailami.

    Wartawan bukanlah profesi yang sembarangan. Wartawan adalah profesi yang mulia. Betapa tidak, karena adanya wartawan, informasi-informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat.

    Pemerintah sangat mendukung pelaksanaan pelatihan ini, sebagai wadah peningkatan wawasan dan pengetahuan peserta khususnya yang berkaitan dengan pers dan jurnalistik.

    Diharapkan peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan tekun, sehingga sasaran dan tujuan pelatihan ini dapat tercapai dan berhasil sesuai dengan yang diinginkan.

    Sebelumnya Ketua Panitia pelaksana Bahrul Walidin melaporkan, bertujuan untuk mendidik dan melatih pelajar jenjang SLTA, agar memahami jurnalistik dasar serta mampu menguasai tehnis mengelola informasi media online, berbasis dunia pendidikan.

    Program ini, diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kemampuan literasi pelajar di Kabupaten Bireuen. dan memberi motivasi bagi para peserta kegiatan, untuk terus tertarik pada dunia tulis menuls yang bermanfaat luas.


    Sementara itu dari Alibi Bahrul mengatakan, Mereka akan dibekali seputar ilmu jurnalistik dasar, mengelola dapur redaksi serta menerbitkan Portal Berita Gema Sikula.
    "Kita berharap adik-adik dari sekolah bisa memahami tentang ilmu jurnalistik dan mengerti bagaimana penulisan yang benar dalam berita, "ujarnya. (FaZ)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini