-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Rutan Kelas IIB Sigli Laksakan Upacara Peringatan HKP 2019

    Oct 2, 2019, 12:01 AM WIB Last Updated 2020-01-23T11:15:18Z
    Rutan kelas IIB Sigli laksakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019. (Ist)

    Pidie (WARTANAD) - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila (HKP), yang jatuh pada tanggal 01 Oktober 2019 ini, Rutan kelas IIB Sigli melaksanakan Upacara dihalaman Rutan setempat.

    Upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan sigli, Matrios Zulhidayat Hutasoit SH, Selasa 01 Oktober 2019 bertema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia” merupakan hari yang cukup bersejarah bagi Indonesia.

    Kerena, satu hari sebelum tanggal 01 Oktober , merupakan hari Peringatan Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan G30S. Pada hari itu, terdapat usaha dari PKI (Partai Komunis Indonesia) untuk mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi Komunis. 

    Namun gejolak yang timbul pada saat itu akhirnya dapat diredam oleh otoritas militer Indonesia. Karena kejadian itulah pemerintah Orde Baru menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila.

    Pantauan awak media ini dilapangan. Upacara yang dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB dan diikuti oleh seluruh petugas Rutan dan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan berjalan khidmat dan tertib. [Fauzal]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini