• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Diskon Tarif Listrik Kecamatan Serbajadi Diduga Tidak Tepat Sasaran.

    Fauzal
    Jun 23, 2020, 4:58 PM WIB Last Updated 2020-06-23T09:58:31Z


    Aceh Timur Untuk -  membantu ekonomi masyarakat lapisan terbawah yang terkena dampak kebijakan physical distancing, pemerintah akan menggratiskan tarif listrik. Penggratisan dikhususkan bagi pelanggan listrik 450 VA (volt ampere) dan pelanggan listrik 900 VA hanya dikenakan pembayaran 50 persen.
    Diperkirakan ada sekitar 31 juta pelanggan yang akan mendapatkan keringanan dari penggratisan tarif listrik dan diskon.
    Upaya tersebut dipandang kurang tepat sasaran.

    Masyarakat gampong lokop johan 45 thn hususnya 17 desa dalam wilayah kecamatan serbajadi menyampaikan kepada media ini 23 juni 2020 sangat mengeluhkan dengan adanya bantuan tarif listrik yang diberikan oleh pihak PLN dimasa pendemi Covid 19  menilai tidak tepat sasaran pasalnya pelanggan yang menggunakan listrik 900 VA ada yang dapat diskon gratis 50 persen tapi ada yang sama sekali tidak mendapatkan diskon gratis katanya,bahkan ada yang bertambah pembayaranya dalam per bulanya.

    Johan mengatakan, seharusnya bantuan tersebut diberikan kepada orang yang benar-benar membutuhkan kompensasi dan dispensasi adalah kelompok konsumen masyarakat lemah/kurang mampu. "Seharusnya tidak hanya kelompok 450 VA saja," ujar johan

    Johan bersama masyarakat lainya meminta kepada pihak pemerintah aceh timur hususnya pihak PLN Aceh timur agar dapat segera menurunkan atau menggratiskan tarif listrik ke masyarakat husnya warga kecamatan serbajadi yang memakai 900 VA, Karna masyarakat secara ekonomi sangat terdampak. Apalagi banyak masyarakat yang kehilangan mata pencarian, atau pekerjaan karena dimasa pendemi Covid 19.tidak bisa pergi kemana-mana.

    Masyarakat melihat penggratisan listrik yang berlaku secara nasional kurang tepat sasaran. Dan masyarakat yang memaikai 900 VA dilanggar haknya. Seharusnya diberikan diskon geratis 50 persen namun kenyataanya ada yang di potong namun ada yang tidak di potong," katanya.

    Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers virtual yang disampaikan dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, menyebutkan gratislistrik 450 Va bagi 24 juta pelanggan berlaku mulai April, Mei, dan Juni 2020. Diskon 50 persen bagi tujuh juta pelanggan listrik 900 Va juga berlaku mulai April hingga Juni.

    Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyebutkan bahwa program-program perlindungan sosial termasuk pembebasan tagihan listrik termasuk di dalamnya akan dituangkan dalam Perppu khusus.

    "Maka dari itu sesuai dengan apa yang kita dengar dari Presiden itu (pembebasan dan keringanan tagihan listrik) adalah bagian dari program perlindungan sosial yang dituangkan dalam Perppu khusus, alokasi dananya juga telah disebutkan untuk program itu, totalnya sekitar Rp 110 triliun," tutup johan,.""(said).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini