• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Masyarakat Gampong Terujak Mengeluh Dengan Minimnya Bidan desa

    Fauzal
    Jun 24, 2020, 8:57 AM WIB Last Updated 2020-06-24T01:57:40Z


    Aceh timur l Wartanad.com-Puskesdes sebagai pusat kesehatan menjadi tulang punggung layanan kesehatan masyarakat desa, sehingga sudah seharusnya setiap desa memiliki bidan desa demi tercapainya pelayanan kesehatan masyarakat yang baik.
    Namun di Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh timur sebahgian terdapat beberapa desa yang belum memiliki tenaga bidan desa yang menetap,  contohnya di desa terujak kecamatan serbajadi.

    Padahal, tugas bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan termasuk bertanggung jawab atas keberhasilan kesehatan di tengah-tengah masyarakat,mengingat program stunting yang di poritaskan oleh kementrian kesehatan RI,maka desa wajib menganggarkan dana pencegahan dan penanganan stunting tersebut.

    Masyarakat gampong terujak (M.N.) menyampaikan kepada media ini 23 juni 2020 bahwa masyarakat gampong terujak sangat mengeluhkan dengan tidak menetapnya  bidan desa di desa terujak pasalnya sampai hari ini bidan desa jarang di tempat dan ini menjadi salah satu keluhan bagi masyarakat gampung terujak.

    Keuchik gampong terujak Joja bin wahi (india) sudah pernah memberitahukan kepada kepala puskesmas UPTD kecamatan serbajadi tentang tenaga kerja bidan desa tersebut namun sampai hari ini belum ada tanggapan dari pihak puskesmas UPTD serbajadi dan kami masyarakat gampong terujak meminta kepada pihak pemerintah kabupaten aceh timur hususnya dinkes aceh timur agar bisa menempatkan bides yang baru di desa kami agar pelayanan kesehatan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik dan tidak harus mencari bidan kampung katanya.

    M.N.menambahkan, masyarakat gampong terujak  mengaku di desa tersebut sudah pernah ditempatkan petugas bidan desa namun bidan desanya jarang aktif dan jarang berada di tempat meskipun sudah dibangun Poskesdesnya, namun kendati tidak mau tinggal di tempat tersebut katanya.

    masyarakat gampong terujak meminta agar pemerintah daerah kabupaten aceh timur khususnya dinas terkait dapat mengupayakan penempatan bidan desa di tempat tersebut agar kesehatan masyarakat dapat terlayani dengan baik dan maksimal tutup M.N,.""(sss)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini