• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Kelompok Tani Kecamatan Serbajadi Butuh Pasilitas Mesin Alat Pemanen Padi.

    Fauzal
    Sep 25, 2020, 9:47 AM WIB Last Updated 2020-09-25T02:47:13Z

     


    Aceh Timur -  Kelompok tani musarajadi ketibung desa bunin kecamatan serbajadi kabupaten aceh timur butuh mesin peralatan panen padi, pasalnya beberapa kelompok tani di daerah tersebut masih banyak kekurangan alat mesin perontok padi dan lain-lainya.


    "Ketua kontak tani nelayan Andalan KTNA kecamatan serbajadi Bukhari muslim MH.menyampaikan kepada media ini 27 september 2020 yang didamping camat serbajadi Syahdannur S,ip M,ap.yang turun langsung melihat sekaligus ikut panen perdana dengan alat seadanya tanpa ada mesin perontok padi lainya dan camat hanya menggunakan alat banting saja disebabkan masih minimnya peralatan mesin di beberapa kelompok tani dalam wilayah  tersebut.


    "Kelompok tani musarajadi panen perdana padi gogo Lokal tahun 2020 di dusun ketibung desa bunin kecamatan serbajadi, Aceh timur dan turut di dampingi Oleh kepala Bpp kecamatan serbajadi.Jumali Sp. Manteri tani kecamatan serbajadi Sabda Sp. Ketua KTNA kec serbajadi Bukhari muslim MH.dan kepala pustu Sp 1 kuala panggoh H mahidin Amd. Beserta pengurus dan seluruh Anggota kelompok tani musara jadi desa bunin kecamatan serbajadi.


    "Ketua KTNA kecamatan serbajadi  Bukhari muslim MH. Menambahkan , bahwa kelompok tani di kecamatan serbajadi terus berusaha dan berupaya menanam padi gogo lokal pada tahun 2020 sebanyak 15 kelompok tani dengan luas Lahan kurang lebih 1600 H. ditiga desa dalam wilayah kecamatan serbajadi diantaranya, desa bunin, Arul durin dan desa persiapan Sp 1 kuala panguh.


    Dengan berbagai jenis tanaman padi  gogo Lokal yang terus digalakan oleh kelompok tani dalam wilayah kecamatan serbajadi demi menunjang kebutuhan perekonomian masyarakat setempat agar terlepas dari kerisis sandang dan pangan.


    Kelompok tani memulai penanaman padi gogo pada akhir bulan April 2020 s/d Awal bulan juni 2020 Lalu di perkirakan selesai panen pada Akhir bulan nopember 2020 mendatang dan kalau kita lihat dari perkembangan di Lapangan tahun 2020 Ini, sepertinya penghasilan agak berkurang dari tahun2 sebelumnya pasalnya lahan pertanian mereka sudah mengeras bila tidak di lakukan pengolahan tanah maka lahan tersebut tidak bisa gembur dan satu-satunya cara,para petani harus menyiapkan joundher pengolah tanah

    agar tanah tersebut dapat gembur dan dapat di manfaatkan kembali.


    kelompok tani tidak memiliki Alat teknologi pengolah tanah seperti jonder(teraktor 4wd) dan hendtraktor dll. Sehingga penghasilan kelompok tani kurang maksimal dan bukan itu saja, bahkan kelompok tani juga

    tidak memiliki Alat Pengangkut padi dan tidak memiliki jalan usaha tani atau jalan produksi sehingga masyarakat kewalahan mengangkut padi ke rumah mereka masing-masing maka dari itu petani tidak mampu untuk memperluas arealnya dan kami ber harap kepada  Dinas tanaman pangan dan holti kultura kab Aceh timur agar dapat embantu satu paket Alat  panen padi dan 1 unit traktor 4 wd serta membangun jalan usaha tani pada tahun 2020.hususnya untuk petani padi gogo Lokol dalam wilayah kec serbajadi.


    "Camat serbajadi Syahdannur sangat perihatin melihat kondisi petani dalam wilayah kecamatan Serbajadi dan camat juga sangat mendukung  atas permohonan masyarakat yang di ajukan kedinas pertanian demi untuk kemajuan dan kemakmuran  sandang pangan masyarakat.


    Camat juga menambahkan pihaknya Sangat berharap petani padi di serbajadi hususnya petani padi gogo maupon petani padi sawah  agar memperluas lagi lahan penanamanya agar hasil panen padi masyarakat nantinya semakin berlimpah dan tidak lagi kekurangan beras, bila perlu kita setok beras di serbajadi tidak harus membeli beras dari Luar untuk kebutuhan masyarakat setempat dan Lebih-lebih di masa pademi copit19 sesuai Anjuran pemerintah kita harus memperkuat ketahan pangan di Indonesia,."pungkas camat,"(said)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini