-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    SMK-PP NEGERI SAREE JALIN KERJASAMA DENGAN LEUPPI

    Oct 22, 2020, 8:14 AM WIB Last Updated 2020-10-22T01:14:39Z
    Wartanad.id,Aceh Besar - Pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 bertempat di Saree, SMK-PP Negeri Saree menjalin kerjasama dengan Lembaga Edukasi untuk Peternakan dan Pertanian Indonesia (LEUPPI) dalam bidang Pengembangan Wirausaha Muda/Petani Milenial Sektor Peternakan dan Pertanian

    Perjanjian kerjasama ini dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama (MoU) yang ditandatangani oleh Muhammad Amin selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree dan Andi Harianto Sinulingga selaku Ketua LEUPPI di Aula sekolah tadi pagi.

    Kerjasama ini dilaksanakan dengan tujuan ; penumbuhan calon petani muda / petani milenial baik kepada siswa maupun alumni SMK-PP Negeri Saree Aceh melalui Pengembangan usaha Agribisnis, Pemanfaatan Sumber daya yang dimiliki pada SMK-PP Negeri Saree Aceh secara berhasil guna dan berdaya guna, Peningkatan mutu sumber daya manusia di SMK-PP Negeri Saree Aceh, Penumbuhan Usaha sektor Peternakan dan Pertanian melalui penerapan rekomendasi teknologi baru, dan Menjadi pusat pelatihan petani muda/milenial di provinsi Aceh
    Dengan adanya MoU ini, nantinya pihak sekolah atas dukungan penuh pihak LEUPPI akan melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat mendukung pembelajaran bagi siswa, pembinaan lanjutan bagi para alumni dan pemuda sekitar sekolah, dan pengembangan usaha agribisnis

    Secara detail kegiatan tersebut adalah :

    1) Penumbuhan calon wirausaha muda / petani milenial bagi siswa dan alumni SMK-PP Negeri Saree Aceh khususnya dalam pengembangan usaha ; a. Pengembangan Usaha Peternakan Sapi, Kambing dan unggas, b. Pengembangan usaha Hortikultura terutama buah dan sayuran organik, c. Pengembangan usaha pasca panen dan pengolahan hasil sektor peternakan dan pertanian, d. Pengembangan usaha pakan ternak (feedlot), pembibitan pertanian dan peternakan, e. Pemasaran hasil peternakan dan pertanian. 2) Pusat pelatihan calon wirausaha muda / petani milenial sektor peternakan dan pertanian, dan 3). Lokasi dan tempat siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

    Pihak LEUPPI berharap dengan adanya kerjasama dan usaha budidaya Peternakan dan Pertanian ini, bisa memberi motivasi lebih bagi pihak sekolah untuk terus meningkatkan mutu pendidikan kejuruan, khusus nya bidang peternakan pertanian. Kemudian dengan dukungan penuh ini, juga diharapkan pihak sekolah dapat mengembangkan Unit Usaha nya sehingga memberi manfaat bagi sekolah, guru, murid, dan alumni.
    Sebagai tahap awal kerjasama ini, pihak LEUPPI telah memberi 2 ekor kambing ke pihak sekolah pada Selasa, 20 Oktober 2020 kemarin. Nanti pada Maret - April 2021 akan diberikan kembali bibit kambing unggul sebanyak 45 ekor. Sehingga diharapkan di akhir 2021 akan dapat dipanen (dijual) dan dikembangkan kembali. Selain pemberian bibit ternak, pada awal 2021 akan dilaksanakan Pelatihan Budidaya dan Wirausaha Ternak bagi siswa dan alumni.
    Semoga jalinan kerjasama yang turut disaksikan langsung oleh Camat Lembah Seulawah, Kapolsek dan Koramil Lembah Seulawah, Komite Sekolah, Siswa dan Pegawai SMK-PP Negeri Saree, serta Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo secara  virtual via zoom meeting ini dapat berjalan seperti yang diharapkan sehingga dapat memberi manfaat bagi semua pihak.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini