-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Gubernur Buka PASCAL SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh, Acara Diikuti 1.317 Siswa

    Azhar
    Jan 28, 2022, 11:59 AM WIB Last Updated 2022-02-15T15:28:38Z
    Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, membuka pelaksanaan Parade Of Art, Science and Religion (PASCAL) Tahun 2022 yang digelar oleh SMA 10 Fajar Harapan Banda Aceh, Kamis (27/1/2022).


    Wartanad.id|Banda Aceh - Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, membuka even tahunan SMA Negeri 10 Fajar Harapan 'Parade Of Art, Science and Religion

    (PASCAL)' Kamis (27/1/2022) di Sekolah tersebut.

    PASCAL diselenggarakan oleh SMA Negeri 10 Fajar Harapan (Farhan).


    Menurut Gubernur, even kompetensi tersebut dapat menjadi wadah menguji kreativitas peserta didik. "Kegiatan PASCAL ini penting dalam mengembangkan kemampuan olah pikir dan penjabaran pengetahuan yang diperoleh siswa di sekolah," kata Nova saat membuka even tersebut di SMAN 10 Farhan.


    Nova mengatakan, even perlombaan seperti PASCAL tersebut begitu penting untuk membantu membentuk sikap, mental, kejujuran dan solidaritas pada setiap siswa sekolah.


    Even tersebut juga dapat menjadi pemantik untuk mengembangkan bakat dan kemampuan siswa di Aceh, sehingga dapat bersaing di kancah yang lebih besar.


    "Oleh sebab itu, PASCAL ini bukan hanya semata-mata ajang mencari pemenang. Lebih dari itu, melalui kompetisi ini para siswa akan menakar sejauh mana kemampuannya dan memperkaya diri dengan pengalaman-pengalaman baru," kata Nova.


    Dalam kesempatan itu, Nova juga berpesan kepada seluruh peserta lomba agar tidak merasa gagal apabila belum meraih juara.


    Ia meminta agar kegagalan dijadikan sebagai pemicu semangat untuk terus berkarya dan mengembangkan skill.


    "Saya mengajak anak-anak kami, generasi muda Aceh, agar mempersiapkan diri memasuki era disrupsi, yang ditandai dengan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 ini.


    Perubahan secara fundamental dengan kehadiran teknologi digital yang mulai mengubah sistem secara global," ujar Nova.


    Gubernur Aceh juga mengajak seluruh siswa agar terus mengembangkan bakat dan kemampuan untuk menggapai prestasi.


    Ia yakin, seseorang yang mampu berpikir kreatif akan dapat melahirkan gagasan baru.

    Ketua Komite SMA 10 Fajar Harapan, Muhammad Zaini Yusuf, mengapresiasi kehadiran Gubernur Aceh untuk membuka acara tersebut.


    Kepada Gubernur, Zaini menyampaikan harapannya agar dapat meningkatkan fasilitas peserta didik di sekolah tersebut.


    Menurutnya, sekolah masih terdapat sejumlah kekurangan dalam hal sarana dan prasarana di SMA Fajar Harapan.


    Ia menjelaskan, SMA 10 Fajar Harapan merupakan sekolah unggul di Aceh. Setiap tahunnya hampir seratus persen dari lulusan dapat lolos di perguruan tinggi lokal, nasional, bahkan luar negeri.


    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, menjelaskan, PASCAL merupakan event perlombaan tahunan yang digelar untuk tingkatan SMP dan SMA sederajat se-Aceh.


    Acara tersebut akan berlangsung selama lima hari mulai 27 sampai 31 Januari 2022.


    "Ini merupakan PASCAL yang kesepuluh, yang telah digelar sejak tahun 2013," kata Alhudri.


    Alhudri menyebutkan, event tersebut diikuti oleh 1.317 siswa. Peserta tingkat SMP berjumlah 775 orang dari 37 SMP sederajat se-Aceh.


    Sementara peserta SMA sederajat berjumlah 542 orang dari 25 sekolah yang ikut serta.


    Alhudri menyebutkan sejumlah kategori perlombaan, yaitu, debat bahasa inggris, olimpiade sains bahasa inggris, karya tulis ilmiah remaja, story telling bahasa inggris, cerdas cermat, nasyid, fotografi, film pendek, cipta puisi, MTQ, tari ratoh jaroe, sahril Quran, dan musikal puisi. []

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini