• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Safari Ramadhan Dinkes Aceh di Bireuen, Sampaikan Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat Hingga Bahaya Narkoba

    Azhar
    Apr 10, 2022, 1:04 PM WIB Last Updated 2022-04-14T12:20:43Z
    Kadinkes Aceh dr. Hanif saat menyerahkan Cindera Mata kepada Pengurus Mesjid Al-Mabrur, Cot Trieng, Bireuen pada puncak kegiatan Safari Ramadhan Tahun 1443 H tahun ini (Sabtu, 09/04).
    Kadinkes Aceh dr. Hanif saat menyerahkan Cindera Mata kepada Pengurus Mesjid Al-Mabrur, Cot Trieng, Bireuen pada puncak kegiatan Safari Ramadhan Tahun 1443 H.


    Wartanad.id|Bireuen -- Pada Puncak Kegitan Safari Ramadhan 1443 H Pemerintah Aceh, Sabtu Malam (09/04), tim safari Dinas Kesehatan Aceh, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, menghadirkan penceramah Ustadz Azhar, S.Ag, MA, ke Masjid Al-Mabrur, Gampong Cot Trieng, Kecamatan Kuala, Bireuen, Sabtu (09/04/2022).


    Ustadz Azhar, S.Ag, MA ini sehari-hari bekerja di kantor Kemenag Provinsi Aceh.


    Kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan program Pemerintah Aceh yang dilaksanakan oleh seluruh SKPA secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Aceh sejak 9 April 2022.


    Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ini di antaranya membersihkan lingkungan masjid, penanaman pohon, shalat tarawih dan tausiah Ramadhan, serta penyerahan cenderamata.


    Dalam tausiyahnya menjelang shalat tarawih, dai ini mengajak jamaah untuk senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan masjid sebagai tempat ibadah. Tgk. Azhar memuji gebrakan model safari Ramadhan yang digagas pemerintah Aceh ini.


    "Safari Ramadhan yang bertajuk Gerakan Mesjid BEREH ini patut kita apresiasi, karena biasanya safari Ramadhan tidak lebih dari kegiatan buka puasa bersama dan kemudian diisi dengan ceramah dan shalat tarawih. Tapi sekarang kita gotong royong dulu, bersihkan lingkungan mesjid, kita tanam pohon dipekarangan mesjid, jika ada kran yang patah kita ganti, ada pagar yang perlu kita cat, itu kita cat. Dan ini menurut saya gebrakan yang sangat luar biasa sekali", Puji Azhar.


    Ia menambahkan jika kita patut bersyukur dengan adanya kegiatan seperti ini. "Tugas kita bersama kedepan adalah menjaga keindahan, kebersihan, dan kenyamanan masjid ini agar kita dapat nyaman dalam beribadah kepada-Nya." tambahnya.


    Azhar juga mengajak jamaah untuk senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang dicontohkan oleh Rasullullah SAW. Ia juga mengajak jamaah untuk tidak mudah percaya pada berita hoaks dan mengajak jamaah untuk ikut memerangi dan membentengi diri dan keluarga dari bahaya narkoba yang marak beredar di kalangan generasi Aceh saat ini.


    Pada malam puncak safari Ramadhan ini, Kadinkes Aceh, dr. Hanif, didampingi oleh Sekda Kabupaten Bireuen juga menyerahkan cindera mata kepada pengurus Mesjid Al-Mabrur.

    Bantuan serupa juga diserahkan oleh perwakilan Bank Aceh Syariah Cabang Bireun kepada pengurus Mesjid setempat.


    Safari Ramadhan ini merupakan kegiatan rutin Pemerintah Aceh yang diselenggarakan setiap tahun secara serentak di 54 masjid di 23 kabupaten/kota se-Aceh.


    Serangkaian kegiatan safari Ramadan Dinkes Aceh di Al-Mabrur telah dilaksanakan sejak hari Kamis (7/4), dengan mengusung tema Gerakan Masjid BEREH. Di antaranya, pembersihan dan pemeliharaan sejumlah fasilitas masjid, seperti gotong royong membersihkan lingkungan sekitar mesjid, pembersihan sarana MCK dan tempat wudhu, pengecatan pagar, dan penanaman pohon/penghijauan dilingkungan mesjid.


    Pemerintah Aceh menggaungkan Gerakan Bereh, yang fokus utamanya adalah pemeliharaan kebersihan Masjid, karena hal ini penting agar jama’ah merasa khusyuk dan nyaman saat beribadah, baik di bulan Ramadhan maupun di bulan lainnya.


    Saat ini kualitas kebersihan Masjid di Aceh dalam kondisi yang berbeda-beda. Namun biasanya banyak masalah kebersihan pada fasilitas wudhuk dan MCK. Kehadiran tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, minimal bisa menjadikan kawasan Masjid terasa lebih bersih dan nyaman untuk jamaah.[]

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini