• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Di Aceh Besar, Sapi Terjangkit Wabah PMK Bertambah Jadi 137 Ekor

    Azhar
    May 16, 2022, 1:42 PM WIB Last Updated 2022-05-16T06:42:10Z
    Di Aceh Besar, Sapi Terjangkit Wabah PMK Bertambah Jadi 137 Ekor

    Wartanad.id|Aceh Besar - Ternak sapi yang terjangkit virus penyakit mulut dan kuku (PMK) di  di Kabupaten Aceh Besar, bertambah dari 95 ekor menjadi 137 ekor.


    Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Jakfar SP didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Firdaus SP, Kepada media, Senin (16/5/2022) mengatakan, berdasarkan laporan, saat ini ternak sapi yang terjangkit wabah PMK sebanyak 137 ekor yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Aceh Besar.

    Disebutkan, Kecamatan Lhoknga 86 ekor, Montasik 22 ekor, Indrapuri 4 ekor, Ingin Jaya 16 ekor, Sukamakmur 1 ekor, Krueng Barona Jaya 4 ekor dan Kecamatan Kuta Baro 4 ekor.


    Menurut Jakfar, terhadap wabah PMK ini, Distan Aceh Besar telah melakukan sosialisasi dan edukasi ke peternak nmelalui petugas kesehatan hewan yang ada di kecamatan - kecamatan.


    Mereka mengedukasi masyarakat untuk mengetahui ciri-ciri virus PMK seperti beberapa waktu lalu mereka lakukan bersama Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam SIK MH di Pasar Hewan Sibreh, Kecamatan Sukamakmur.


    Lanjutnya, ternak sapi yang terkena virus PMK harus diisolasi agar tidak menular ke ternak yang lainnya. Pihak Distan Aceh Besar juta memberikan obat-obatan atau vitamin untuk ternak yang terkena virus PMK. Dan, menyediakan posko di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya untuk menangani kasus virus PMK.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini