• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Hari Ini, Sejumlah Kota Besar di Indonesia Diprediksi Diguyur Hujan

    Azhar
    Jun 2, 2022, 9:11 AM WIB Last Updated 2022-06-02T06:43:47Z
    Wartanad.id|Jakarta -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah kota besar di wilayah Indonesia umumnya berpotensi diguyur hujan berskala ringan hingga sedang, Kamis (2/6/2022). Dilansir dari www.bmkg.go.id, situasi cuaca di wilayah Sumatera secara umum berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang potensi hujan sedang.


    Situasi itu melanda wilayah Banda Aceh, Medan, Padang, Bengkulu, dan Bandar Lampung.Beralih ke wilayah Pulau Jawa, untuk Jakarta, Serang, Semarang hingga Surabaya diperkirakan berpotensi hujan ringan. Sementara itu perlu diwaspadai adanya potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang terdapat di wilayah Bandung dan Yogyakarta.


    Untuk wilayah Kalimantan secara umum berpotensi hujan ringan dan terdapat potensi hujan sedang di wilayah Pontianak. Perlu diwaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat dan angin kencang di wilayah Banjarmasin.


    Beralih ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara, untuk wilayah Denpasar, Mataram dan Kupang, diperkirakan berpotensi hujan, ringan untuk wilayah Sulawesi diperkirakan secara umum cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan ringan di wilayah Mamuju, Palu dan Manado.


    Beralih ke wilayah Indonesia bagian timur, untuk Jayapura diperkirakan berawan, sementara untuk Ambon dan Manokwari berpotensi hujan ringan. Situasi hujan di sebagian kota besar Indonesia dipengaruhi oleh pertumbuhan awan hujan di daerah barat dan barat daya

    Sumatera karena pengaruh daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Sumatera Utara bagian utara, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, NTT bagian timur, Maluku dan dari Papua hingga Papua Barat.

    Selain itu juga terdapat daerah konvergensi di Laut Jawa, Kalimantan bagian utara dan timur, Sulawesi bagian Selatan, dan di laut Flores. 


    Secara umum situasi suhu di Indonesia berkisar antara 23 hingga 33 derajat Celcius dengan suhu terendah berada di Kota Bandung, Jawa Barat, berkisar 18 hingga 30 derajat Celcius. Sementara suhu tertinggi berada di Ternate berkisar 25 hingga 33 derajat Celcius. Sementara tingkat kelembaban udara rata-rata berkisar antara 60 hingga 100 persen.[]

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini