-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Nentong Saudere Menjadi Program Unggulan Dalam Pengentasan Penurunan Stunting di Kabupaten Gayo Lues

    Azhar
    Nov 25, 2022, 6:45 PM WIB Last Updated 2022-11-27T11:48:20Z

    Wartanad.id|Blangkejeren – Program Nentong Saudere atau mengunjungi Saudara menjadi program unggulan pemerintah kabupaten Gayo Lues saat ini, gerakan bersama lintas dinas tersebut telah dicanangkan oleh PJ Bupati Gayo Lues Ir.H.Rasyidin Porang, Dandim 0113/Gayo Lues INF Krismanto, S,Pd dan turut dihadiri Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional BKKBN Provinsi Aceh Drs Sahidal Kastri, M.Pd yang di pusatkan di Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues, 24 November 2022.


    Kegiatan diawali dengan mengunjungi pusat pasar Pining membaur dengan masyarakat dan pedagang pasar, berbelanja kebutuhan pokok, sayuran dan hasil produksi masyarakat dilanjutkan dengan agenda yang telah disusun oleh panitia pelaksana kegiatan.


    Camat Kecamatan Pining Win Zulfian, ST dalam wawancara menjelaskan antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan yang digagas oleh pemerintah Gayo Lues dan beliau berharap perekonomian masyarakat Pining akan tumbuh dan bergairah dengan dilaksanakan kegiatan Nentong Saudere, masyarakat dan pemerintah membaur menjadi lebih akrab.


    Bupati beserta Dandim 0113/Gayo Lues mengunjungi pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang MKJP yang dipusatkan di puskesmas perawatan Pining dan informasi yang didapat dari Kadis Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Yunidar, SE akan terlayani sekitar 40 peserta dan bila nantinya masih banyak calon akseptor yang tidak terlayani maka Dinas akan kembali lagi pada waktu yang berbeda.


    Selain Pelayanan KB juga dilaksanakan Pelayanan kesehatan gratis, Bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu, Bantuan tambahan asupan gizi bagi ibu hamil, Pelayanan administrasi kependudukan KTP dan KK, Pemberian bantuan untuk kelompok tani berupa bibit pinang Barata, Pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM, Pelayanan pembayaran pajak bumi dan bangunan PBB, Pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, Pelayanan penyelesaian akte nikah, Pelayanan Bank Aceh dan Bank BSI, Pelayanan sertifikat hal milik tanah, Pelayanan rehabilitasi rawat jalan gratis.


    Program Neuntong Saudere juga memberikan, Penyuluh dan konsultasi hukum, Gerakan cuci tangan pakai sabun, Penghargaan tenaga BINDES Gayo Lues bebas Stunting, Pencanangan Gayo Lues bebas Stunting, Konsultasi pajak NPWP dan diadakan Panggung hiburan rakyat pada malam harinya.


    Dandim 0113/Gayo Lues INF Krismanto, S,Pd ditengah kesibukannya menjelaskan bahwa kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini merupakan barometer untuk pelaksanaan di kecamatan lainnya dalam kabupaten Gayo Lues sehingga nantinya Gayo Lues terbebas dari Stunting.


    Kepala BKKBN Aceh turut dalam Penyerahan sembako, susu untuk ibu hamil makanan bergizi untuk balita dan Bibit pinang untuk petani, bila program ini terus dijalankan secara konsisten Kaper BKKBN optimis Kabupaten Gayo Lues akan lebih pesat dalam percepatan penurunan Stunting sehingga predikat Gayo Lues tertinggi Stunting 42,9 persen akan segera berkurang.


    Momentum kegiatan tersebut juga dilaksanakan Pemberian penghargaan kepada bidan teladan dalam memberikan pelayanan dan Kecik berprestasi yang mengoptimalkan dalam penyerapan anggaran dana dasanya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini