-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    480 Mahasiswa Universitas Al-Muslim Bireun Mengikuti Program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Aceh Tengah

    Azhar
    Jan 23, 2024, 9:30 PM WIB Last Updated 2024-01-29T04:51:56Z


    Wartanad.id | Takengon - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, secara resmi menerima kedatangan 480 mahasiswa dari Universitas AlMuslim Bireun yang akan menjalankan program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Acara penyambutan berlangsung di Lapangan Sekretariat Daerah Kantor Bupati Aceh Tengah pada Senin (23/01/2023).


    Penerimaan 480 mahasiswa KKM ini ditandai dengan penyematan tanda pengenal berupa name tag dan topi KKM Universitas Al-Muslim secara simbolis oleh Pj. Bupati kepada perwakilan mahasiswa. Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah juga secara resmi menerima mereka sebagai peserta KKM angkatan ke-24 tahun akademik 2023/2024.


    Dalam laporan resminya, Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah atas penerimaan 480 mahasiswanya untuk menjalankan program KKM. Mahasiswa ini akan tersebar di enam kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tengah selama kurang lebih satu bulan, mulai dari tanggal 22 Januari 2024 hingga 22 Februari 2024.


    "Anak-anak kami selama satu bulan ini akan mendapat pembelajaran hidup bermasyarakat, belajar bagaimana berkomunikasi, bekerja sama, berinovasi, dan beraktivitas dengan masyarakat. Nasihat, bimbingan, dan arahan dari camat, reje, dan masyarakat akan menentukan keberhasilan mereka dalam menjalankan program KKM ini," ungkap Rektor.


    Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa Universitas Almuslim merupakan universitas swasta terbaik di Aceh dengan jumlah peserta didik sekitar 6.000 mahasiswa dan 220 dosen pengajar. Universitas ini memiliki tujuh fakultas dan satu program pasca sarjana dengan 34 program studi.


    "Peserta didik kita juga berasal dari Aceh Tengah dan Bener Meriah. Kami berharap mereka dapat mengajarkan budaya kearifan lokal kepada teman-teman mereka. Program yang akan dijalankan mencakup bidang informatika, pencegahan stunting, pendidikan, penguatan ekonomi, dan sosial," jelas Rektor Universitas Almuslim.


    Pada sambutannya, Pj. Bupati T. Mirzuan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) oleh mahasiswa Universitas AlMuslim Bireun yang akan memberikan pelayanan di enam kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tengah.


    "Kami merasa bangga mendapatkan kepercayaan dari Universitas Almuslim dengan penempatan mahasiswanya untuk melaksanakan KKM di Aceh Tengah," ujar Pj. Bupati.


    Menurutnya, sebagai agen perubahan, mahasiswa memiliki peran krusial dalam mengadvokasi isu-isu sosial dan berkontribusi pada perubahan positif dalam masyarakat. "Kami berharap mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa harus menjaga kesehatan, disiplin, kerjasama, serta menjaga nama baik almamater," kata T. Mirzuan.


    Pj. Bupati juga mengajak camat, reje, dan masyarakat di wilayahnya untuk terus memberikan arahan, bimbingan, serta melibatkan mahasiswa KKM dalam kegiatan masyarakat. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan memperluas wawasan, sekaligus menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa setelah program KKM selesai.[]

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini