• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Cegah Corona, Jam Besuk Pasien di RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli Diperketat

    Fauzal
    Mar 18, 2020, 6:32 PM WIB Last Updated 2020-03-19T05:32:13Z


    Pidie - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro Sigli, memperketat jam besuk bagi pasien untuk sementara waktu. Keputusan itu diambil sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19).

    "Sejak kemarin kami telah mensosialisasikan ke pasien dan keluarga untuk memperketat jam besuk," ujar Kabag Humas RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli Rabu Usman Z (18/3/2020).

    Usman mengatakan keputusan tersebut serentak dilakukan di sejumlah instansi lainnya. Selain itu, pihak rumah sakit membatasi penjaga pasien, yakni setiap pasien hanya boleh dijaga oleh satu orang.

    "Kebijakan ini kami ambil guna mengurangi risiko ada kontak langsung dengan orang lain," katanya.

    "Kebijakan ini dikarenakan penjaga pasien yang paling lama kontak dengan lingkungan. Dengan kebijakan ini, kami berharap kontak dengan pasien dan lingkungan rumah sakit tidak terlalu banyak," imbuh Usman.


    Terkait batas waktu pemberlakuan batasan jam besuk, Usman mengaku belum bisa memastikannya. Dia memastikan pihak RS akan terus memantau tingkat status penyebaran virus ini.

    "Terkait sampai kapan kondisi ini berlaku, kami belum bisa memastikan. Kami akan memantau kondisi perkembangan wabah ini. Apalagi dari pemerintah pusat menyatakan masa tanggap darurat nasional berlangsung hingga 29 Mei," tuturnya.


    Pencegahan penyebaran virus Corona tak hanya dilakukan dua kebijakan tersebut. Pihak RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli juga aktif melakukan penyemprotan disinfektan di setiap ruang pelayanan hingga kamar perawatan.

    "Penyemprotan kami mulai sejak Hari ini Rabu (18/3)  dari tempat Ruangan tunggu pasien hingga setiap sudut ruangan Rsu Tgk Chik Ditiro Sigli.


    Sedikitnya ada 150 liter alkohol disemprotkan ke sejumlah area vital di  Selanjutnya, langkah penyemprotan disinfektan juga dilakukan hingga ke kantor kecamatan, dan sejumlah kantor pelayanan masyarakat yang diperkirakan akan tuntas pada pekan ini.

    Dia berharap para petugas kebersihan dan pegawai RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli selalu membersihkan lingkungan maupun ruangan masing-masing dan memonitor keadaan. Jika mengalami demam-batuk, segera pemeriksaan diri ke fasilitas kesehatan posko yang sudah disediakan.laporan (Fauzal)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini