• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Dinas Tanaman Pangan Aceh Timur Tinjau Lokasi PATB Padi Sawah 2020 di Serbajadi dan Penaron.

    Fauzal
    Sep 9, 2020, 11:54 AM WIB Last Updated 2020-09-09T04:54:15Z

     


    Aceh Timur - Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur Drh. Muhammad Mahdi  meninjau lokasi Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi sawah program Kementerian Pertanian RI tahun 2020 di Kecamatan Serbajadi dan Kecamatan Penarun Kabupaten Aceh Timur, Senin (7/9/2020).


    Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Serbajadi Bukhari Muslim, MH menyebutkan, peninjauan lokasi PATB tersebut dibagi menjadi dua tim. Tim satu yang di ketuai langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur Drh. Muhammad Mahdi yang didampingi Kabid Produksi Tanaman Pangan Ir. Herawati meninjau lokasi PATB di Kecamatan Serbajadi dan Penaron.


    Sedangkan Tim dua yang diketuai Sektaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur Erwin Atlizar, S.TP M.Si meninjau lokasi PATB padi sawah di Desa Seulemak, Desa Rampah, Desa Jering tepatnya di Dusun Sosial Desa Jering Kecamatan Serbajadi. Turut mendampingi Camat Kecamatan Serbajadi  Syahdannur, S.Ip, Kepala BPP Serbajadi Jumali, Sp, Manteri Tani Kecamatan Serbajadi Sabda, Sp, Ketua KTNA Serbajadi Bukhari Muslim, MH, Ketua Kelompok Tani Pantas Berulo Desa Jering Rasyit dan beberapa perangkat dan rokoh masyarakat Desa Jering lainya.


    Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur Erwin Atlizar, S.TP, M.Si menyebutkan, peninjauan lokasi tersebut menyusul adanya video calon lokasi PATB padi sawah tahun 2020 yang diterima bupati dan dinas tersebut.

    “Lokasinya di Desa Selemak, Desa Rampah, dan Desa Jering Kecamatan Serbajadi  yang siap untuk melaksanakan kegiatan PATB padi sawah tahun 2020,” kata Erwin.


    Erwin menambahkan, setelah meninjauan lokasi tersebut dan bertemu langsung dengan warga Desa Jering, sayangnya masyarakat disana tidak mampu memenuhi persyaratan kegiatan tersebut.


    Persyaratan yang harus dipenuhi untuk kegiatan PATB 2020 yakni, lokasi harus rata, lahan semak ringan, tersedianya sumber air, yang dibantu hanya saprodi  seperti pupuk, dan bibit padi sawah serta harus ditanam pada Oktober 2020.


    “Lahan yang diusulkan oleh warga Desa Jering masih hutan dan semak berat dan belum dibersihkan, sumber air juga belum tersedia. Sedangkan kegiatan PATB padi sawah tahun 2020 tidak ada biaya pembersihan lahan dan pompanisasi,” jelasnya.


    Menanggapi hal tersebut, Ketua Kelompok Tani Pantas Berolo Desa Jering dan perangkat Desa Jering Idris, mengusulkan agar lokasi kegiatan tersebut dialihkan untuk kegiatan cetak sawah baru tahun 2021 mendatang.


    “Kami berharap kepada dinas terkait agar lokasi tersebut  jangan diabaikan, segera diusulkan dan dimasukan menjadi kegiatan cetak sawah baru pada tahun 2021 menedatang,” harapnya.


    Sementara Camat Serbajadi Syahdannur, S.Ip sangat mendukung usulan kelompok tani Pantas Berulo. Menurutnya, potensi lahan sangat cocok dijadikan cetak sawah baru.


    “Apalagi memang masyarakat Dusun Sosial Desa Jering belum memiliki lahan tani sawah, pasti sangat membutuhkan percetakan sawah baru di Desa Jering dan desa lainnya didalam wilayah Kecamatan Serbajadi,” pungkas camat,.""(said).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini