• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Banyak Data Ganda Anggota Parpol Ditemukan Secara Eksternal, KIP Pidie Surati Klarifikasi Parpol

    Fauzal
    Sep 5, 2022, 1:53 PM WIB Last Updated 2022-09-05T06:53:53Z

    Komisioner KIP Kabupaten Pidie Bersama Komisioner Panwaslih Kabupaten Pidie Sedang Mengkonfirmasi Anggota Parpol Data Ganda, Ditemukan Secara Eksternal, KIP Pidie Akan Surati Secara Klarifikasi Ke Parpol Yang Bersangkutan. (Foto dokumentasi Wartanad.co).


    Pidie - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie menemukan banyaknya data ganda dalam keanggotaan partai politik (parpol) setelah KIP melakukan Verifikasi Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Hasil Tindak Lanjut yang dilaksanaakan pada tanggal 4-5 September dan pada jadwal yang sama juga mereka akan melakukan klarifikasi ke parpol yang status keanggotaan Partai Politiknya belum dapat ditentukan dikarenakan ganda keanggotaan dengan Partai Politik lainnya. Senin (5/9/2022). 


    Proses Verifikasi Administrasi tersebut disambut Oleh Ketua KIP Pidie yaitu Fuadi Yusuf dan Sri Wahyuzha dengan didampingi oleh Sekretaris Helpdesk KIP Pidie,Para Kasubbag KIP Pidie, Serta Anggota Panwaslih Kabupaten Pidie Bidang Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Mukhtar Al Falah di dampingi oleh Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Faisal, SH., MA, Koordinator Sekretariat Fauzi, S.Sos.

    Ketua KIP Kabupaten Pidie Fuadi Yusuf mengatakan, mereka telah melakukan verifikasi administrasi terhadap 29 partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang terdapat di Sipol tingkat Kabupaten.



    ”Hasil verifikasi administrasi ternyata masih terdapat keanggotaan ganda eksternal dari beberapa partai politik dalam Sipol tingkat kabupaten Pidie.


    Sri Wahyuzha komisioner bidang Divisi sosialisasi, Pendidikan pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM, Mengatakan Ini berpotensi terjadi ketegangan," katanya.


    Karena salah satu anggota parpol diperintahkan melalui Liaison Officer (LO) Partai untuk melakukan klarifikasi di kantor KIP, yang mana inti permasalahannya tentang data ganda yang bersangkutan ada di Partai politik lainnya, sehingga kami akan mengeksekusi data tersebut untuk kami tindak lanjuti ke kedua parpol yang didapatkan ada data ganda anggotanya.



    Sri Wahyuzha menjelaskan Atas kondisi ini KIP Kabupaten Pidie akan meminta partai politik untuk menghadirkan orang bersangkutan ke Kantor KIP Kabupaten Pidie guna diklarifikasi langsung pada 4-5 September 2022. Pada saat klarifikasi secara langsung, orang yang masuk dalam keanggotaan ganda eksternal akan diminta membuat surat pernyataan. KPU juga akan menghadirkan penghubung partai politik dan anggota yang namanya masuk dalam keanggotaan ganda eksternal. Demikian dilaporkan (FH01)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini