• Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Peduli Lingkungan, Pelindo Multi Terminal Tanam 2000 Manggrove

    31 Des 2022, 20.48 WIB Last Updated 2022-12-31T15:25:04Z

    Peduli Lingkungan, Pelindo Multi Terminal Tanam 2000 Manggrove untuk pencegahan abrasi, erosi, dan pengurangan dampak akibat Rob.(Foto Dokumentasi Julhadi)



    Medan Belawan WARTANAD.id - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kelestarian ekosistem laut pada wilayah kerja SPMT di pesisir Belawan. Hal ini diwujudkan melalui program penamanan mangrove di daerah pesisir yang memberikan banyak manfaat diantaranya untuk pencegahan abrasi, erosi, dan pengurangan dampak akibat Rob, serta menjadi tempat bagi perkembangan hewan-hewan laut seperti udang, kepiting dan ikan yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir.


    Dalam mewujudkan kelestarian lingkungan tersebut, Pelindo Multi Terminal turut serta melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) dengan melakukan penanaman 2.000 bibit mangrove bekerja sama dengan Komunitas Rumah Mangrove Indonesia yang dilaksanakan Pada Sabtu, 31 Desember 2022 

    di Wilayah Pesisir Kecamatan Medan Marelan, Belawan.


    Penanaman 2.000 bibit mangrove ini dilakukan secara simbolis oleh Senior Vice President (SVP) Sekretariat Perusahaan Pelindo Multi Terminal, M. Eriansyah dengan Ketua Umum Komunitas Rumah Mangrove Indonesia, Wibi Nugraha, dan turut hadir Forum Anak Belawan Bersatu (FABB).


    Dalam sambutannya, Eriansyah menyampaikan bahwa dengan peduli terhadap lingkungan berarti kita juga peduli terhadap generasi penerus karena dengan mangrove yang ditanam saat ini dapat memberikan manfaat kepada generasi selanjutnya.


    “Mangrove merupakan tanaman multiguna, tidak hanya menjaga laut kita tetap bersih namun juga dapat menjaga wilayah pesisir dari hantaman ombak serta erosi. Area sekitar lokasi penanaman mangrove juga dapat memberikan ruang bagi tumbuh kembang hewan-hewan laut yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan baru bagi masyarakat sekitar baik generasi sekarang maupun mendatang,” jelas Eriansyah.


    Ketua Umum Komunitas Rumah Mangrove Indonesia, Wibi Nugraha mengucapkan terima kasih atas bantuan inisiasi penanaman yang didukung oleh Pelindo Multi Terminal berupa 2.000 bibit mangrove.

    “Kami sangat mengapresiasi kontribusi Pelindo Multi Terminal atas kepedulian terhapad kami di komunitas penggiat mangrove serta kepedulian terhadap lingkungan khususnya di wilayah pesisir. Tanaman mangrove ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup biota laut yang dibutuhkan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir,” ungkap Wibi.


    Ketua Forum Anak Belawan Bersatu (FABB), Khairil Chan, yang turut hadir juga menyampaikan apreasiasi. “Kami mendukung penuh kegiatan dengan unsur kepedulian lingkungan terutama di wilayah Belawan dan sekitarnya. Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih pada Pelindo Multi Terminal atas rangkaian kegiatan peduli lingkungan hari ini.” tutup Khairil.


    VP Corcomm SPMT, Farid Chairmawan menjelaskan, "Pelindo Multi Terminal melalui program TJSL saat ini berkomitmen untuk fokus terhadap 3 hal prioritas utama perusahaan, yaitu lingkungan, pendidikan dan pengembangan UMKM. Penanaman Mangrove ini merupakan salah satu fokus TJSL Perusahaan dalam mewujudkan kepedulian perusahaan pada aspek Lingkungan,” tegas Farid.



    Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch Terminal yang tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. SPMT saat ini juga mengelola 2 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN.(LAPORAN Julhadi)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini